BAB III PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA


BAB  III
PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA

Strategi pengembangan produk memberikan keunggulan bersaing mereka yang mendesain produk penuh perhitungan dan cermat serta menganalisa kebutuhan masyarakat pada umumnya mampu bersaing dipasar global, sebagai contohnya adalah Honda yang memfokuskan diri pada mesin. Karena sebetulnya semua produk Honda (mobil, motor, generator, pemotong rumput) didasarkan pada teknologi mesinnya yang istimewa.
Hal tersebut juga sebagaimana Intel yang memfokuskan diri pada Chip Komputernya dan Microsoft pada peranti lunaknya. Namun demikian setiap produk memiliki siklus hidup yang terbatas bahkan mereka mampu memprediksinya oleh sebab itulah para manajer operasi dituntut untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan, produk, proses dan pemasok yang menghasilkan tingkat keberhasilan yang tinggi untuk sebuah produk baru.

Siklus Hidup Produk
Perusahan-perusahaan terus melahirkan produk baru, namun mereka mengalami hidup dan mati, mereka disingkirkan oleh masyarakat yang terus berubah. Perubahan dalam kondisi ekonomi, social, kemananan mampu merubah arah strategi perusahaan dalam menajalankan bisnisnya. Inilah yang disebut Siklus Hidup Produk, kehidupan produk terbagi menjadi empat fase, yaitu Perkenalan, Pertumbuhan, Kematangan dan Penurunan.
Siklus hidup produk berbeda-beda tergantung jenis produknya, ada yang berusia hanya dalam hitungan jam seperti Koran, ada yang usianya dalam hitungan bulan seperti model pakaian dan personal computer, ada yang usianya tahunan seperti compact disc atau bahkan ada yang satu dekade seperti mobil VW (Volkswagen Beetle).
Terlepas dari pendek atau panjangnya siklus hidup produk, para manajer dituntut untuk kreatif merancang dan menciptakan produk baru dengan sukses. Jika fungsi operasi tidak berjalan dengan baik sudah dipastikan perusahaan akan mengalami kekalahan bahkan kematian. Berikut adalah gambar yang menunjukan empat fase siklus hidup produk.
gambar 1 : Siklus hidup produk

Fase Perkenalan
Pada fase ini produk sedang di sesuaikan dengan keinginan masyarakat, sebagai contoh produsen telepon genggam saat pertama kali diperkenalkan ke masyarakat mungkin diperlukan pengeluaran biaya untuk biaya lain-lain seperti penelitian, pengembangan produk, modifikasi dan perbaikan proses serta pengembangan pemasok, disaat yang bersamaan manajer operasi masih mencari-cari teknik manufaktur terbaik.
Fase Pertumbuhan
Pada fase ini produk telah mulai stabil dan dibutuhkan peramalan untuk kebutuhan kapasitas yang efektif. Penambahan kapasitas atau peningkatan kapasitas yang sudah ada untuk mengantisipasi permintaan yang meningkat.
Fase Kematangan
Pada fase ini produk sudah mencapai kematangan, biasanya para pesaing mulai bermunculan. Biasanya produksi dalam jumlah besar terjadi pada fase ini, kemudian inovasi produk sangatlah penting, pengendalian biaya, pemotongan lini produk mungkin akan efektif atau bagaimana cara meningkatkan keuntungan dan pangsa pasar.
Fase Penuruanan
Pada fase ini manajemen mungkin harus kejam terhadap produk-produk yang siklus hidupnya mendekati akhir. Produk yang hampir mati merupakan hal buruk bagi investasi sumber daya dan kemampuan manajerial, kecuali produk tersebut memiliki kontribusi unik pada perusahaan. Untuk produk-produk yang hampir mati sebaiknya segera hentikan!


Mengapa Harus Menghasilkan Produk Baru
Pertanyaannya adalah mengapa harus membuat produk baru ? jawabannya adalah karena produk-produk biasanya mati, karena produk yang tidak perlu harus dibuang atau digantikan, karena perusahaan menghasilkan hampir semua dari produk baru. Pemilihan produk baru, definisi, desain dan inovasi perlu dilakukan terus menerus.  “perusahaan yang sukses saat ini….adalah perusahaan yang sedekat mungkin dengan kebutuhan konsumen” federal reserve board.

Sebagai contoh perubahan akhir produk seperti ;
TV CRT menjadi HDTV / LCD /LED, radio menjadi radio satelit, Warung Kopi menjadi Cafee shop atau Starbuck, telepon kabel menjadi telepon genggam, Walkman pemutas kaset menjadi IPod atau MP3 Player. Mengetahui bagaimana menemukan dan mengembangkan produk baru dengan sukses merupakan sebuah keharusan.

Peluang Produk Baru
Pengembangan produk yang agresif mengharuskan organisasi membangun struktur internal yang ;
1.Membuka komunikasi dengan pelanggan,
2.Budaya organisasinya inovatif,
3.Penelitian dan pengembangan agresif,
4.Kepemimpinan yang kuat,
5.Bonusnya bersifat formal serta pelatihan,
baru setelah itu perusahaan bisa menghasilkan keuntungan dan memusatkan perhatiannya dengan semangat pada peluang tertentu.
1.Memahami pelanggan merupakan permasalahan utama dalam pengembangan produk baru
2.Perubahan ekonomis menyebabkan meningkatnya tingkat kemakmuran pada jangka panjang, tetapi siklus ekonomis dan harga berubah pd jangka pendek
3.Perubahan sosiologis dan demografis
4.Perubahan technology membuat segalanya mungkin
5.Perubahan politik / peraturan pemerintah
6.Perubahan yang dapat muncul melalui kebiasaan pasar, standar porfesional, pemasok dan distributor

Pentingnya Produk Baru
pentingnya produk baru tak dapat dipungkiri lagi, perusahaan yang memimpin pasar mendapatkan sebagian besar penjualannya dari produk baru, produk yang berumur kurang dari 5 tahun. bahkan Disney membutuhkan arena bermain baru untuk menarik pengunjung.
Contoh selanjutnya adalah perusahaan telepon genggam Motorola untuk membuat produk baru memang tidak mudah diperlukan 3000 contoh model sebelum motorola mengembangkan telepon genggammnya, dan DuPont membutuhkan 250 ide utk menghasilkan satu produk.

Pengembangan Produk
sebuah strategi produk yang efektif menghubungkan keputusan produk dengan arus uang, dinamika pasar, siklus hidup produk, dan kemampuan ber organisasi. sebuah perusahaan harus memiliki dana untuk mengembangkan produk, memahami perubahan yang terjadi dipasar, memiliki potensi yang diperlukan, dan juga sumber daya.
System pengembangan produk tidak hanya menentukan keberhasilan produk melainkan juga menentukan keberhasilan perusahaan dimasa mendatang. Dalam mengembangkan produk baru diperlukan tahapan pengembangan produk, diperlukan langkah-langkah dan memiliki penyaringan and kriteria evaluasi tersendiri serta memiliki umpan balik pada langkah sebelumnya. Berikut adalah gambar tahapan pengembangan produ baru.
gambar 2 : Tahapan Pengembangan Produk

sebagaimana yang tergambar diatas tahapannya adalah perlunya banyak Ide dari berbagai sumber, kemudian mampu melaksanakan ide tersebut, selanjutnya akan masuk cakupan kerja pengembangan produk, yang dimulai dengan persyaratan pelanggan untuk memenangan pesanan, berikutnya masuk di cakupan kerja tim desain dan rekayasa, dalam cakupan ini ada beberapa tahapan yakni spesifikasi dan fungsi, peninjauan desain dan pengujian pasar. Yang kemudian akan masuk kembali pada cakupan pengembangan produk yaitu perkenalan ke pasar dan evaluasi, apakah produk baru yang dibuat berhasil dan dapat diterima oleh masyarakat atau tidak.

Quality Function Deployment (QFD)
Qfd berkaitan dengan ;
1.Menetapkan apa yang akan memuaskan pelanggan
2.Menerjemahkan keinginan pelanggan pada desain yang dijadikan sasaran.
idenya adalah untuk memahami keinginan pelanggan dan memperkenalkan solusi proses alternatif kepada mereka, kemudian informasi ini dipadukan dalam desain produk yang terus berubah. QFD di gunakan diawal proses desain.

QFD : proses menetapkan permintaan pelanggan (keinginan pelanggan) dan menerjemahkan keinginan pelanggan kedalam atribut (cara) yang dapat dipahami dan dilaksanakan oleh setiap bagian fungsional.

Permasalahan Desain Produk
ROBUST DESIGN
Desain yang tangguh berarti produk dirancang sedemikian rupa sehingga ada sedikit variasi pada produksi atau perakitan tidak berdampak banyak pada produk akhirnya.

MODULAR DESIGN
desain modular adalah produk-produk yang dirancang dalam komponen yang tersegmentasi dengan mudah dikenal sebagai desain modular, desain modular menawarkan fleksibilitas pada produksi dan pemasaran

CAD-Computer-aided design
penggunaan komputer secara interkatif untuk mengembangkan dan mendokumentasikan produk, perluasan CAD diantaranya ;
·  DFMA-design for manufacture and assembly,
·  3D Object Modeling,
·  STEP(standart for change of product) dan
·  CAM-Computer -Aided Manufaturing,
·  Virtual Reality.

Persaingan Berdasarkan Waktu
Seiring dengan siklus produk yang memendek dan kebutuhan pengembangan produk yang lebih cepat menjadi meningkat ditambah lagi saat produk baru yang menggunakan teknologi baru yang canggih bermunculan, pengeluaran dan resiko juga meningkat, disinilah diperlukan peran seorang manajer yang memiliki seni pengembangan produk secara bertahap akan memenangkan kompetisi antara pengembang produk yang lebih lambat. Merekalah yang mendapatkan keunggulan bersaing, konsep inilah yang disebut persaingan berdasarkan waktu (Time Base Competition).
Time Base Competition adalah persaingan yang dipengaruhi oleh waktu, mengembangkan produk dengan cepat dan melemparkannya ke pasar.
Karena persaingan berdasarkan waktu sangat penting dibandingkan pengembangan produk baru dari awal sejumlah strategi lain dapat digunakan. Ada dua strategi continuum pengembangan produk diantaranya adalah ;
1.Strategi pengembangan eksternal
a.    Aliansi
b.    Usaha patungan
c.     Membeli teknologi atau keahlian dngan mengakuisisi pihak pengembang
2.Strategi pengembangan internal
a.    Migrasi produk yang ada
b.    Perbaikan terhadap produk yang ada
c.     Pengembangan produk baru secara internal

Mendefinisikan Suatu Produk
Setelah produk atau jasa diperkenalkan ke pasar haruslah di definisikan terlebih dahulu. Sebuah produk barang atau jasa didefinisikan dari segi fungsinya. Kemudian produk tersebut dirancang dan perusahaan menentukan bagaimana sebuah produk dapat mencapai tujuan fungsionalnya.
Sebagai contoh Keju Monterey Jack As yang mendefinisikan
RASA : Rasanya enak dan menyenangkan bebas dari rasa dan bau yg tidak diinginkan. bolehmemiiliki rasa sedikit asam
BENTUK DAN RUPA : Penyumbat keju harus kuat, keju harus memiliki pembuka mekanis yg kecil yg disebarkan secara merata diseuruh pembuka, keju tidak boleh memiliki lubnag, lubang ragi atau lubang udara lainnya
WARNA : Keju harus memiliki warna yang alami, seragam, terang dan menarik
KEMASAN DAN TAMPILAN : diikat, diberi lilin dicelup, kulit harus bagus, kuat dan halus, memberikan perlindungan pada keju

kode dari federal regulation

Dokumen Untuk Produksi




0 komentar