3S MENGIKUTI ERA DISRUPITON


saat ini situasi dunia masuk dalam era Disruption! apa Itu Disruption ? saya ambil dari Buku Pak Rhenald Kasali dari bukunya Disruption hal 27 bahwa ;
" DISRUPTION " adalah Inovasi sama dengan Ancaman bagi Incumbent.
" DISRUPTION " menggantikan "Pasar Lama", Industri dan Teknologi dan menghasilkan suatu kebaruan yang lebih efisien dan menyeluruh. Ia bersifat destruktif dan creative! (Clayton Chirstensen).
" DISRUPTION " Sukses tergantung pada kemampuan kita menyelaraskan ketiganya ; Iteration, Innovation dan Dsiruption. "Jika anda tidak mendisrupsi diri sendiri, anda akan mendapatannya dalam bentuk "hadiah" dari orang lain. (Mark Zuckerberg).

cirikhas dari jaman disruption ini adalah pergerakannya tidak terlihat, perubahannya sangat signifikan, daya ledaknya sangat tiba tiba dan mengejutkan. di Era Disruption perubahan menjadi amat cair dan bergerak mengikuti 3S yaitu SPEED, SURPRISE dan SUDDEN SHIFT. 

SPEED
bahwa perubahan pada era ini bergerak begitu cepat karena didukung oleh Teknologi. validitas suatu informasi juga dengan cepat diketahui kebenarannya, semuanya serba cepat, tak lagi bergerak linear, melainkan eks potensial. 

SURPRISES
Perubahan abad ini juga menimbulkan banyak surprise atau kejutan. manusia, CEO, pemimpin dan eksekutif terkejut karena banyaknya hal baru yang tak terduga dan menimbulkan dampak yang luar biasa. tak ada yang menyangka harga batu bara dan migas bergerak berbalik arah bergitu cepat. tak ada yang menyangka sosok yang biasa-biasa saja justeru menjadi pilihan rakyat. 

SUDDEN SHIFT
Banyak hal megalami pergeseran tiba-tiba, bukan menghiang, pasar dan pelanggannya tetap ada disana, tetapi kini diam-diam berpindah. banyak orang merasa segala sesuatu mengalami kelesuan siklus ekonomi, nyatanya rizki dapat mengalami perpindahan secara tiba-tiba. 

dalam era Disruption ini disebut SUDDEN SHIFT  (Tiba-tiba berpindah) fakta sebenarnya tak berubah, konsumennya tetap disitu, populasinya tetap besar juga, semua  butuh makanm minum, transport, gudget, hiburan dan sebagainya, akan tetapi siapa yang menikmati perpindahan itu ? 
sudah begitu perpindahan itu mengejutkan seakan tiba-tiba (Sudden), Cepat Sekali (Speed) dan membuat kita terkaget-kaget (Surprise). MENGAPA ? karena kita mengabaikan, kita menyangkal, kita gemar berolok-olok, berpolitik, bersiasat, berpura-pura menyelamatkan (padahal menyesatkan) terkadang mengatasnamakan rakyat, menghiburnya, seakan-akan masalahnya ada ditempat lain. 

pergeseran konsumsi tak hanya trjadi dalam dunia energi dan belanja, melainkan juga konsumsi dalam segala bentuk kehidupan kita semuanya bergeser. 

tahukah anda bahwa saat ini surat kabar berbasis kertas sedang berjuang melawan perubahan dikarenakan hadirnya media berbasis online yang paperless? kampus kampus besar sedang di tantang untuk belajar online, saat ini di Amerika dan Eropa perusahaan-perusahaan besar dalam mencari tenaga kerjanya tidak lagi mempertimbangkan gelar akademis karena pertanyaannya sekarang berubah dari yang sebelumnya "Apa Gelar AKademismu?" berubah menjadi "Apa yang bisa kamu lakukan ?" gerakan masif ini membuat kaum muda beralih dari yang sebelumnya mengejar gelar akademis formal kini membeli paket-paket kehalian, paket-paket kursus, mereka meramu sendiri racikannya, ini bukan racikan akademik pemerintah, karena mereka ingin membangun keahlian yang unik, yanh tidak masal, dan siap pakai. Pasar tenaga kerja Globalpun mengakomodasi mereka, apa yang mereka berikan di dunia kerja bukanlagi rangkaian mata kuliah racikan kampus. 

(re-write by yons)

0 komentar