6K Menjadi Pemateri Sukses - Kesiapan Penampilan

 


kali ini kita akan membahas tentang KESIAPAN PENAMPILAN, dimana sebelumnya kita membahas KESIAPAN ALAT PERAGA, yang merupakan salah satu model presenter 6K Menjadi Pemateri Sukses 

dalam public speaking penampilan menjadi magnet penglihatan atau disebut eye catching atau penarik perhatian, ini menggambarkan personality anda, tentu saja dalam berpenampilan anda harus menyesuaikan dengan tema acara, audien, daerah dan waktu anda. 

berikut yang harus diperhatikan pada penampilan anda ;

  • Pakaian, awas jangan sampe salah costume, tidak selalu pembicara harus menggunakan Jas, sepatu pantofel atau sepatu kets, pastikan anda mengetahui betul acara apa, siapa audiennya, dan suasanya seperti apa ? acara resmi dalam sebuah perusahaan tentu saja akan berbeda saat anda memberikan materi pada komunitas hoby atau remaja, pastikan berkomunikasi dengan penyelenggara agar anda tidak salah costume. 
  • Warna, warna memiliki makna selain juga mempresentasikan diri anda, usahakan jika anda mewakili brand sebuah produk atau perusahaan selaraskan dengan brand mereka, biasanya panitia penyelenggara menginformasikan ini. jika bebas dan anda tidak mengetahuinya., pastikan warna yang netral dan tidak terlalu mencolok. 
  • Gaya, gaya anda diatas panggung dan didepan audien jangan terlalu berlebih, sesuaikan agar proporsional, atur ritme gaya dan gestur anda saat tampil. 
  • Pengharum, ini mungkin jarang dibahas, namun menurut saya ini menjadi penting, karena pengarum tubuh juga mempresentasikan anda. pahami suasana, waktu dan kondisi anda, mungkin akan berbeda saat anda menjadi pemateri di siang haru atau malam hari, dalam ruangan terbatas atau luas. tidak harus mahal tapi paling tidak memiliki harus yang lembut dan bisa diterima oleh semua. 

dan tentu saja masih banyak yang harus anda perhatikan dalam penampilan anda di depan audien. berikutnya kita akan membahas 6K pada Kesiapan Tempat

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post