6K Menjadi Pemateri Sukses - Kesiapan Alat Peraga

 


Selanjutnya adalah Kesiapan Alat Peraga, dimana sebelumnya kita telah membahas Kesiapan Mental pada tulisan sebelumnya. 

hal-hal kecil sering kali menjadi penghambat jika tidak dipersiapkan dengan baik, sebuah contoh jika anda ingin melakukan presentasi ternyata konektor HDMI untuk menghubungkan leptop anda ke proyektor tidak terbawa atau tidak dipesan sebelumnya ke panitia, ini akan membuang waktu sehingga acara terancam mundur, nah jangan biarkan hal-hal kecil terlewatkan terlebih diabaikan, ini menjadi alat pendukung kesuksesan anda dalam membawakan materi. 

apa saja Kesiapan Alat Peraga yang harus dipersiapkan ? berikut dibawah ini tapi tidak terbatas pada ;

  • File materi, ppt, note, pdf dan sejenisnya jangan sampai lupa tertinggal atau rusak akibat virus, sebaiknya anda persiapan beberapa format ini menghindari file tidak terbaca pada satu leptop tertentu, contoh tidak ada salahnya materi anda persiapan dalam bentuk, PPT, PDF, Google Slide dan Keynote. 
  • Pointer, beberapa pembicara menyukai membawa laser pointer, ini biasanya digunakan oleh pemateri yang ingin menyampaikan secara detail isi dari materinya. 
  • Mikrofon, ini sepertinya hal yang sangat biasa, namun sering kali kejadian dilapangan, terjadi gangguan, seperti kabel bermasalah, baterei wireless mikropon habis, pastikan kepada panitia harus baru. 
  • Proyektor dan Konektor, pastikan kepada panitia atau penyelenggara proyek apa yang akan digunakan ? port koneksi jenis apa yang disediakan ? pada saat ini leptop generasi terakhir hanya mendukung HDMI pastikan membawa converter VGA ke HDMI atau bagi yang menggunakan MAC versi terbaru hanya tersedia port Type C pastikan anda membawa secara mandiri converter-converter tersebut. 
  • Clip On, jika anda menggunakan clip on pastikan tidak ada masalah pada baterei wireless audio clip on
nah itu beberapa kesiapan alat peraga yang harus dipersiapan, dan tentu saja mungkin masih ada beberapa alat lainnya yang dibutuhkan oleh anda dilapangan. 

setelah ini kita akan membahas K6 berikutnya yaitu KESIAPAN PENAMPILAN. 

ditulis oleh : Yono Mauana 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post