6K Menjadi Pemateri Sukses - Kesiapan Tempat

 

K ke 5 adalah KESIAPAN TEMPAT, tempat berkontribusi memberikan kesuksesan anda menjadi pemateri. tentu saja tempat pada umumnya sepenuhnya adalah hak penyelenggara dalam menyediakan tempat untuk acara, namun demikian sebagai pemateri paling tidak harus mengetahui nanti seperti apa tempat yang akan digunakan. paling tidak pemateri harus mengetahui beberapa hal diantaranya adalah ; 
  • Ukuran Luas Tempat Acara, ukuran luas tempat acara menjadi penting, hal ini untuk memperkirakan ruang gerak anda dan suara anda agar menguasai ruangan. formasi duduk para audien juga menjadi penentu, bagaimana teknis anda dalam memberikan materi. ini biasanya para penyelenggara akan memberikan gambaran berupa layout kepada anda atau bahkan anda bisa mengecek langsung tempat acara. 
  • Kelengkapan Fasilitas, seperti yang telah dibahas sebelumnya, fasilitas gedung menjadi penting, terutama pada saat anda memberikan materi. 
  • Kenyamana Suhu Ruangan, suhu ruangan ikut mendukung kenyamanan audien dalam mengikuti acara anda, pastikan suhu ruangan sesuai dengan jumlah audien sehingga tidak kedinginan atau kepanasan. 
  • Kebersihan, walaupun pada umumnya tempat acara sudah dipersiapkan oleh panitia namun demikian harus mengantisipasi seperti apa kondisi kebersihan tempat acara, karena ini akan mengganggu konsentrasi para audien terutama jika ada makanan dan sejenisnya. 
  • Tata Cahaya, untuk memusatkan perhatian audien beberapa penyelenggara sering menggunakan teknik lighting, ini harus ada kuasai dan ketahui, sehingga pergerakan anda tetap berada pada fokus titik cahaya spotlight yang telah disediakan.  
beberapa yang harus anda ketahui diatas tentu saja bukan hanya itu, anda dapat menambahkan apa apa saja yang harus dijadikan perhatian anda dalam memberikan materi. 

pada tulisan berikutnya kita akan membahas K ke 6 yakni Kesiapan Peserta. 


6K Menjadi Pemateri Sukses | Yono Mauana 


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post