6K Menjadi Pemateri Sukses - Kesiapan Mental


setelah sebelumnya kita membahas tentang Kesiapan Materi agar sukses menjadi pemateri, maka kali ini kita membahas langkah berikutnya K ke 2, yaitu Kesiapan Mental. 

dalam menyampaikan materi seperti yang telah dibawah sebelumnya bahwa menyampaikan materi tidak cukup hanya menguasai materi saja, melainkan harus memiliki kepercayaan diri, terutama secara mental, bicara di depan banyak orang berbeda dengan berbicara pada satu orang. 

untuk mempersiapkan mental tentu saja banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut ; 

  • Istirahat Cukup, ya sebelum anda menyampaikan materi tidak perlu stres, sebaiknya rilek dan cukup istirahat dan jaga kesehatan dengan baik. pola makan yang baik serta olahaga yang cukup. 
  • Sehat Jasmani dan Rohani, tentu saja menuju acara kesehatan jasmani anda harus baik selain itu rohani dimaksud disini emosional dan kejiwaan anda tetap harus terjaga. 
  • Latihan dan Berdoa, bisa karena biasa kita sering dengar, itu memang tidak benar, latihan bicara seperti menyesuaikan waktu dengan yang telah di alokasi oleh panitia, notifikasi, artikulasi dan gestur harus anda latih, tidak ada salahnya mencoba untuk di depan cermin, bisa juga sembari di rekam sehingga bisa di review ulang. 
6K berikutnya adalah Kesiapan Alat Peraga, yang akan dijelaskan pada tulisan berikutnya.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post