10 Langkah Memperkirakan Biaya Proyek - Mengestimasi Biaya Proyek - Bag 2

Cara Memperkirakan Biaya Proyek dalam 10 Langkah

Pemerintah AS telah mengidentifikasi proses 10 langkah yang menghasilkan perkiraan biaya yang andal dan valid untuk manajemen proyek . Langkah-langkah tersebut diuraikan di bawah ini.

  1. Tentukan tujuan estimasi biaya: Tentukan tujuan estimasi biaya , tingkat detail yang diperlukan, siapa yang menerima estimasi dan cakupan keseluruhan estimasi.
  2. Kembangkan rencana estimasi: Kumpulkan tim estimasi biaya dan garis besar teknik estimasi mereka. Kembangkan garis waktu , dan tentukan siapa yang akan melakukan estimasi biaya independen. Terakhir, buat jadwal tim
  3. Tentukan karakteristik: Buat deskripsi dasar tentang tujuan, sistem, dan karakteristik kinerja. Ini termasuk implikasi teknologi, konfigurasi sistem, jadwal, strategi, dan hubungan dengan sistem yang ada. Jangan lupakan dukungan, keamanan, item risiko, pengujian dan produksi, penerapan dan pemeliharaan, serta sistem warisan serupa lainnya.
  4. Tentukan teknik estimasi biaya: Tentukan struktur rincian kerja (WBS) dan pilih metode estimasi yang paling cocok untuk setiap elemen di WBS. Periksa silang driver biaya dan jadwal; kemudian buat daftar periksa.
  5. Identifikasi aturan, asumsi, dan dapatkan data: Tentukan dengan jelas apa yang disertakan dan dikecualikan dari estimasi  dan identifikasi asumsi spesifik.
  6. Kembangkan perkiraan titik: Kembangkan model biaya dengan memperkirakan setiap elemen WBS.
  7. Lakukan analisis sensitivitas: Uji sensitivitas biaya terhadap perubahan dalam memperkirakan nilai input dan asumsi utama, dan tentukan pemicu biaya utama.
  8. Lakukan analisis risiko dan ketidakpastian: Tentukan biaya, jadwal, dan risiko teknis yang melekat pada setiap item di WBS dan cara mengelolanya.
  9. Dokumentasikan perkiraan dan berikan kepada manajemen: Memiliki dokumentasi untuk setiap langkah dalam proses perkiraan biaya membuat semua orang memiliki pemahaman yang sama dengan perkiraan biaya. Kemudian Anda dapat memberi pengarahan kepada pemangku kepentingan proyek tentang perkiraan biaya untuk mendapatkan persetujuan mereka.
  10. Perbarui perkiraan biaya: Setiap perubahan pada perkiraan biaya harus diperbarui dan dilaporkan. Juga, lakukan postmortem di mana Anda dapat mendokumentasikan pelajaran yang didapat.

Template Estimasi Biaya Proyek Gratis

ProjectManager memiliki template gratis untuk setiap aspek pengelolaan proyek, termasuk template perkiraan biaya gratis untuk Excel. Ini dapat digunakan untuk proyek apa pun hanya dengan mengganti item di kolom deskripsi dengan item yang relevan dengan proyek Anda.

Templat perkiraan biaya gratis ini memiliki semua bidang yang harus Anda isi saat memperkirakan biaya proyek. Misalnya ada kolom deskripsi diikuti kolom vendor atau subkontraktor lalu ada kolom untuk mencatat biaya tenaga kerja dan bahan baku. Ini dapat ditambahkan bersama-sama dengan baris dan kemudian total biaya proyek dapat dihitung dengan template.

templat estimasi biaya gratis oleh ProjectManager

Secara alami, templat perkiraan biaya adalah dokumen statis. Ini berguna dalam mengumpulkan semua biaya proyek Anda dan melacaknya selama siklus hidup proyek. Namun, semua data itu harus ditambahkan secara manual, yang membutuhkan waktu dan tenaga—dua hal yang tidak Anda miliki dalam jumlah besar saat mengelola proyek. Setelah Anda siap untuk merampingkan proses perkiraan biaya, Anda akan menemukan bahwa ada banyak solusi perangkat lunak manajemen proyek yang dapat membuat anggaran dan melacaknya secara real time agar Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak uang.

Contoh Estimasi Biaya Proyek

Mari luangkan waktu sejenak untuk membuat proyek hipotetis dan menjalankan contoh perkiraan biaya umum untuk melihat bagaimana proses ini bekerja. Estimasi biaya konstruksi sangat mudah jadi kami akan menggunakan contoh estimasi konstruksi. Proyek konstruksi ini akan fokus pada persyaratan umum untuk estimasi biaya dalam manajemen proyek.

Pertama, Anda ingin memiliki daftar yang menjelaskan berbagai elemen yang diperlukan untuk membangun proyek konstruksi Anda. Kumpulkan semua dokumen manajemen proyek konstruksi Anda seperti rencana, desain dan spesifikasi, cetak biru dan izin untuk mengetahui data biaya. Dalam dokumen Anda, Anda akan menemukan biaya administrasi, biaya keuangan, biaya hukum, biaya teknik, asuransi, dan item biaya lainnya.

Sekarang saatnya menggunakan work breakdown structure (WBS) untuk mengidentifikasi semua aktivitas proyek konstruksi Anda. Identifikasi biaya tenaga kerja, biaya langsung dan biaya tidak langsung yang terkait dengan setiap aktivitas dalam jadwal proyek Anda. Ada berbagai teknik estimasi biaya seperti estimasi bottom-up yang memungkinkan kontraktor memperkirakan biaya untuk setiap kegiatan konstruksi untuk membuat proposal yang akurat untuk proses penawaran konstruksi.

Biaya ini kemudian ditambahkan bersama untuk total baris, dan total baris tersebut ditambahkan bersama untuk menentukan total biaya proyek Anda. Memiliki template estimasi biaya adalah alat yang bagus untuk mengumpulkan dan melacak informasi ini.

ProjectManager Membantu Dengan Estimasi Biaya Proyek

ProjectManager adalah software manajemen proyek yang memiliki fitur untuk membantu membuat perkiraan biaya proyek yang lebih akurat. Bagan Gantt online kami dapat digunakan untuk membantu Anda melacak biaya dan pengeluaran untuk proyek dan tugas.

Perkirakan Biaya Tugas Tertentu

Saat memperkirakan tugas individu, biaya juga dapat dikumpulkan dan dilacak di bagan Gantt online kami. Di sini Anda dapat menambahkan kolom untuk perkiraan biaya, biaya dasar, dan biaya aktual untuk membantu Anda mempertahankan proyek sesuai anggaran setelah dijalankan.

Bagan Gantt online kami tidak hanya dapat melacak tugas, tetapi Anda dapat mengaturnya untuk melacak bahan dan biaya tetap yang terkait dengan setiap tugas proyek dan memantau perbedaan antara anggaran dan biaya aktual. Semua data ini dikumpulkan dalam satu halaman.

Gunakan bagan Gantt ProjectManager untuk melacak biaya proyek

Mulailah dengan membuat proyek lalu buka tampilan Gantt di ProjectManager. Jika Anda sudah memiliki data, Anda dapat mengimpornya dengan mengklik tombol impor di sisi kanan atas halaman. Atau Anda dapat menggunakan bagan Gantt online ini untuk mengumpulkan data. Itu dapat dengan mudah dibagikan dengan anggota tim dan pemangku kepentingan saat Anda siap untuk mendapatkan masukan atau persetujuan.

Perkirakan Biaya Sumber Daya

Fitur manajemen sumber daya di ProjectManager adalah alat lain yang dapat membantu Anda mencapai perkiraan biaya proyek yang lebih akurat. Ini menawarkan cara untuk melihat biaya Anda melalui beban kerja di seluruh tugas dan proyek.

Saat merencanakan proyek dengan alat pengelolaan sumber daya kami , Anda dapat memperhitungkan jadwal karyawan, persewaan peralatan, liburan, dan ruang kantor, di antara faktor-faktor lain yang akan memengaruhi anggaran Anda. Mendistribusikan sumber daya proyek adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan anggaran.

Alat manajemen sumber daya ProjectManager membantu manajemen pekerjaan dan estimasi biaya proyek

Buat rencana sumber daya dengan menjadwalkan tanggal untuk sumber daya yang direncanakan, berapa lama Anda membutuhkannya, dan orang-orang yang akan terlibat. Itu termasuk peralatan atau persewaan situs apa pun. Hancurkan itu menjadi jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap aktivitas setiap hari dan Anda akan dapat membuat jadwal dengan sumber daya terperinci, termasuk durasi dan perkiraan biaya.


FAQ Tentang Estimasi Biaya Proyek

Apa Itu Analisis Biaya Proyek?

Analisis biaya proyek digunakan untuk menentukan biaya dan manfaat yang terkait dengan proyek. Ini adalah proses yang digunakan untuk menentukan apakah proyek itu layak.


Apa Itu Perincian Biaya Proyek?

Perincian biaya proyek adalah proses di mana manajer proyek memperkirakan apa yang perlu dikeluarkan untuk menyelesaikan proyek. Struktur perincian biaya digunakan selama proses estimasi biaya proyek untuk memastikan semua biaya diperhitungkan.


Mengapa Estimasi Biaya Proyek Penting?

Estimasi biaya dan manajemen biaya adalah bagian penting dari manajemen proyek. Manajer proyek bertanggung jawab untuk membuat anggaran proyek seakurat mungkin dengan menggunakan struktur perincian biaya dan teknik estimasi proyek.


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post