-->

Ulang Tahun Alfian dan Hari Pertama Puasa Ramadhan 2021



 hari ini tempat hari senin sore ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari pertama puasa, sebagaimana para kelompok agama telah melakukan pengamatan terhadap hillal, maka diputuskan hari ini tanggal 12 April 2021 pertama tarawih dan besok hari pertama puasa. 

1 hari sebelumnya anaku si bontot Alfian Rajendra Maulana kebetulan tepat hari ulang tahunnya yang ke 3. kemarin tanggal 11 April 2021. 

hari ulang tahun dan hari pertama puasa yang penuh makna, bukan soal perayaan, namun momen pada 

tahun ini begitu berarti dengan berbagai macam kejadian, diantaranya isu nasional bahkan dunia, bulan puasa ini adalah puasa ke 2 dimasa pandemi covid-19. pemerintah masih memberlakukan larangan-larangan diantaranya sekolah masih dirumah, ibadah masih dibatasi, mudik masih dilarang, dan sudah terduga bahwa idul fitri tahun ini sepertinya masih akan terasa sepi seperti tahun sebelumnya, walaupun masyarakat terlihat jenuh. 

begitu juga dengan ulang tahun anaku, Alfian, tidak ada keistimewaan yang berarti, tidak ada perayaan seperti anak-anak lainnya, kebetulan dia belum mengerti apa itu arti perayaan. tepat dihari ulang tahunnya malah aku bawa dia untuk Ziarah ke makam Nenek dan Kakeknya di kampung. dia berjalan penuh semangat menaiki bukit kebetulan pemakaman ada di ketinggian, dia duduk disampingku seolah mencoba berusaha untuk mengartikan ritualku dalam berdoa di hadapan puasa orang tua. ia tampak ikut mengadahkan tangan yang mengartikan bahwa dia ikut berdoa. 

oya seperti ritual tahun sebelumnya, aku berusaha membangun tradisi sebelum bulan puasa masuk diusakan untuk berbagi, punya atau pas pasan yang jelas itu harus terselenggara, tahun ini alhamdulilah semua bisa dijalankan, lagi-lagi bertepatan dengan ulang tahun Alfian, semoga dan sellau berharap berkah pada kuasa Ilahi. 

aku berharap dari apa yang dilakukan sebetulnya, membangun keingatan dalam pikiran dia tentang apa arti semua itu, dan aku hanya ingin menyampaikan pesan, bahwa bukan seberapa besar harta yang kita miliki, namun seberapa besar keinginan kita untuk berbagi kepada sesama. 

berharap cinta Tuhan dibulan ramadhan, dan memberikan ruang kebahagian lahir dan batin untuk anak-anaku, dan keluargaku semua. Amin


ViewCloseComments