Ida Dayak Sakti dan Penomena Masyarakat Indonesia


IDA DAYAK belakang ingin ramai dibicarakan oleh masyarakat Indonesia, berawal dari tayang di sosial media seperti tiktok, dan instagram beredar di tengah tengah masyarakat yang menayangkan kesaktian Ida Dayak dalam proses pengobatan terhadap masyarakat yang sakit. 

dari bebapa tayang sosmed memperlihatkan betapa saktinya Ida Dayak dalam pengobatan tulang bengkok contohnya, dengan di olesi minyak dayak dan membaca mantra mantra khusus kemudian di pijat dan ditarik oleh Ida Dayak, maka Wush! sembuh ! 

Ida Dayak  lahir di Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972. dalam melakukan prakteknya Ida Dayak selalu mengenakan aksesoris ciri khas Dayak. 

memperhatikan penomena seperti ini penulis coba menganalisa apa sebetulnya yang terjadi pada masyarakat Indonesia soal menyikapi jika mengetahui ada orang sakti berikut adalah opini yang saya rangkai ;

BIAYA PENGOBATAN KE RUMAH SAKIT YANG MAHAL

jika berbicara soal kesehatan dan pengobatan melalui jalur alternatif di Indonesia selalu ramai dari masa ke masa, tahun ke tahun, jauh sebelum Ida Dayak Sakti viral seperti sekarang ini, dulu pernah di hebohkan dengan Ponari si bocah sakti karena batu meteornya yang jatuh dari langit. 

ada lagi beberapa waktu lalu yaitu Ibu Ningsih spesialis pengobatan alternatif hal hal gangguan gaib, bahkan sampai memiliki chanel youtube sendiri, masyarakat dapat langsung menonton proses pengobatannya. selain itu ada tangan petir dan dan sebagainya yang masih banyak jika kita sebutkan satu-persatu. 

berobat secara alternatif memang tidak dilarang, bahkan bangsa Indonesia lebih awal masyarakatnya terbiasa dengan obat-obatan tradisional, seiring berjalannya waktu, kondisi bangsa ini seharusnya semakin membaik, negara dapat hadir memberikan pelayanan dan perlindungan untuk rakyatnya. maka Lahirlah saat itu yang perlindungan kesehatan Jamkesmas yang kemudian menjadi BPJS dan kemudian menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

namun rupayanya upaya pemerintah dalam meyakinkan masyarakat belum mendapatkan kepercayaan 100% hal tersebut tentu saja tidak lepas dari persoalan biaya, masih banyak masyarakat Indonesia yang enggan datang ke rumah sakit, klinik atau dokter praktek hal tersebut karena takut biaya selama perawatan, kalaupun ada jaminan mereka tetap menganggap biasanya rumah sakit tetap mengenakan biaya lain lain, alih alih itu tidak di jamin oleh asuransi. 

secara sederhana menurut opini penulis penomena masyarakat yang ramai ramai datang ke Ida Dayak di GOR Divif 1 Kostrad di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Kota Depok salah satunya karena persoalan biaya pengobatan ke rumah sakit, klinik dan dokter praktek terutama soal bedah orthoped itu sangat mahal !

KEPERCAYAAN TERHADAP DOKTER DAN TENAGA KESEHATAN MENURUN

banyaknya kisah yang disampaikan oleh masyarakat terkait perkembangan pengobatan di rumah sakit yang tak kunjung sembuh, obat yang terus terusan harus dikonsumsi serta biaya yang tak henti-henti dikeluarkan untuk pengoabatan menjadi kepercayaan masyarakat terhadap dokter dan tenaga kesehatan juga menurun. 

penulis ambil kisah dari seorang relasi, yang kebetulan telah mengalami kecelakaan dari sepeda motor, terjadi masalah pada tangan dan rahangya, sampai tulisan ini dibuat sudah 5 bulan dan posisi pen masih dalam tubuh baik yang ditangan maupun yang di rahang berupa kawat. itu prosedur pengobatan dari tim medis, yang lumayan panjang, melelahkan dan menegangkan rasa tidak nyaman yang berkepanjangan. perlu bolak balik kontrol ke rumah sakit untuk di monitor progressnya. 

kisah itu tidak salah, itu adalah prosedur dunia medis, namun untuk banyak masyarakat Indonesia, hal seperti cerita diatas adalah menakutkan, lagi lagi soal biaya menghantui, belum lagi jika gagal proses penyembuhannya, banyaknya berita yang berkembang di tengah masyarakat soal mall praktek dan lain sebagai nya yang melibatkan tenaga kesehatan memicu tingkat kepercayaan terhadap dokter dan tenaga kesehatan kian menurun. 

maka mereka menyimpulkan daripada harus di operasi tulang, dipasang besi dalam tubuh dalam waktu panjang, kemudian di bongkar lagi ini mengerikan ! alhasil mereka akan mencari orang sakti yang dapat menyelesaikan dengan praktik cepat dan sembuh, dan pastinya murah tidak ada tarif, terserah metode apa yang digunakan !



SOSMED MENINGKATKAN RASA PENASARAN INGIN MENCOBA

kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri sudah menjadi kebutuhan setiap individu, baik yang hidup di kota maupun di pelosok, di pelosok kan sulit sinyal? ah kan bisa di cari bila perlu naik bukit untuk bisa akses internet, itulah faktanya ! 

segala informasi mereka dengan mudah mendapatnnya, dimana saat ini adalah era kemerdekaan dalam mendapatkan informasi. maka yang terjadi, saat ada berita viral maka secara otomatis masyarakat akan tahu dan ramai jadi perbincangan. 

oya menurut hotsuit pengguna internet di Indonesia sebanyak 204jutaan dari total populasi 270jutaan masyarakat Indonesia dan device yang terhubung itu lebih banyak dari jumlah penduduk sebanyak 370jutaan perangkat mobile, waktu rata-rata dihabiskan untuk skrolling sosmed gosip sana sini, view ini itu, nonton onoh inih, liat reel ketawa-ketiwi, gutak gitek buka tiktok itu selama 2 sampai 3 jam, dan untuk akses internet secara umum dihabiskan 8 jam, cobaaaa itu!! 

percaya atau tidak, dalam kesendirian dan keasikan tertentu, saat kita scrolling informasi semakin dalam, alam bawah sadar kita akan dituntun masuk kedalam rekayasa kepercayaan secara psikologis, tetiba kita dibuat terhentak, dibuat melow, dibuat gundah gulana. 

dibeberapa negara dampak dari terus bermain game ada yang meninggal bersama-sama, ada yang menjadi pembunuh, belum lama beberapa waktu lalu kita menyaksikan pembunuhan dengan senjata api di amerika dan secara live ditayangkan di facebook, baru baru ini terjadi lagi. 

berapa remaja Indonesia yang jadi korban saat buat tiktok, ada yang jatuh dari genteng lotenglah, ada yang jadi korban kesetrum listriklah, terakhir gegara mau buat konten malah mati kegantung diri dirumahnya. 

kenapa ini terjadi ? karena informasi yang mereka terima, kemudian alam bawah sadar memberikan keyakinan bahwa itu bisa dan baik di lakukan, kemudian ambilah keputusan untuk mencobanya. 

saya selalu mengatakan, kemajuan teknologi bahkan Artificial Inteligent, membuat kita kehilangan insting, bahkan logika dan akal sehat, jika tidak bijak dalam menerimanya. 

Penomena Ida Dayak juga sama ! kita liat nanti, dimungkinkan tidak akan lama, seperti yang sudah sudah :) 

KEPERCAYAAN TERHADAP DUNIA MISTIK BERLEBIHAN

itulah kenapa konten Mistik di Youtube selalu ramai, bahkan sekalipun kita tahu itu adalah rekayasa, hiburan atau bohong-bohongan tetap saja di tonton, kita liat juga bahkan setelah pandemi bioskop mulai ramai, dikira penulis yang akan ditayangkan perdaya adalah film tentang kemajuan ilmu dan teknologi eh ga tahunya, Sang Penari Desa KKN, Waktu Magrib, Janji Jiwo dan sebagainya dimana itu semua genre horor ! mistik ! ayoooo dooong kapan kita bisa maju, saat yang lain sibuk mikirin ngirim senjata ke luar angkasa, bahkan mikir gimana pindah tempat dari bumi ke mars, kok Indonesia masih tetap aja seneng dikejar-kejar pocong ! dan apa yang terjadi, baru saja, terjadi korban, akibat masyarkat frank orang lewat di jalan menjadi pocong jadi-jadian berakhir di gebuki dan di laporkan ke polisi, kan miris ! mau sampe kapan ??? 

sejarah Indonesia memang kebanyakan legenda, mohon maaf sebelumnya, menurut pandangan orang barat, legenda adalah dongeng, jadi kesimpulannya generasi kita terlalu banyak di cekoki dongeng, celakanya dongeng tentang kesaktian, dongeng tentang dunia mistis dan horor mendominasi setiap percakapan rakyat dan selalu menjadi cerita yang mengagumkan tanpa layer-layer logika sama sekali. 

mengapa Ida Dayak Sakti itu langsung populer ? karena kekuatan jaringan sosial media, yang mampu menskemakan algoritma, algoritma membaca kebiasaan masyarakat Indonesia, maka duar ! publish, crowd, backlink, return, looping, execution, achieve, cuan bro !!! itu manfaat untuk sebagian orang kayak saya yang memanfaatkan apa yang sedang menjadi headline atau populer dimasyarakat !

tapi untuk masyarakat yang membutuhkan dan sedang mencari kesembuhan, informasi seperti viralnya Ida Dayak sangat berarti, pasti ada harapan disana. 

itulah opini tentang viralnya Ida Dayak yang populer saat ini,semua simpulan ada pada pembaca, sikapi dengan bijak ya... semoga kita semua diberikan kesehatan lahir dan batin. 

tulisan pagi, 4 April 2023

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post