Dasar-dasar Pemasaran Media Sosial

Sepanjang mempelajari digital marketing yang bersumber dari google , kami telah menekankan betapa pentingnya menemukan dan terhubung dengan audiens target di mana mereka online. 

Salah satu tempat terbaik untuk melakukannya di media sosial. Lebih dari setengah orang di seluruh dunia di media sosial, dan jumlah itu terus bertambah. Mungkin satu penonton lebih suka Twitter daripada Tiktok atau yang lain lebih suka Facebook ke Instagram. Tapi tidak peduli apa bisnis menjual, peluangnya bagus bahwa media sosial adalah bagian penting dari mereka strategi pemasaran. 

Pemasaran media sosial adalah praktek menciptakan dan menerbitkan konten untuk platform media sosial untuk mendorong keterlibatan dan promosi sebuah merek atau produk (google digital marketing certification) 

Membuat konten media sosial mungkin tampak sederhana. Lagipula, orang-orang memposting konten yang menarik, lucu, atau menyentuh ke pribadi mereka rekening setiap hari. Tapi ada lebih banyak pemasaran media sosial daripada menulis pintar atau posting informatif. 

Pemasaran media sosial melibatkan banyak perhatian yang sama dengan keseluruhan digital perusahaan strategi pemasaran. Seperti meningkatkan keterlibatan, memperluas jangkauan mereka, dan membangun merek mereka. 

Hanya itu semua kegiatan tersebut terjadi secara platform media sosial. Sekarang, mari kita jelajahi beberapa cara bisnis menggunakan media sosial untuk memperkuat upaya mereka dan menjangkau mereka tujuan pemasaran digital. 

Kita bisa memecah ini kegiatan ke dalam lima kategori, yang dikenal sebagai lima pilar dari pemasaran media sosial. 

Pilar-pilar tersebut meliputi: 

  1. strategi, 
  2. perencanaan dan penerbitan, 
  3. mendengarkan dan keterlibatan,
  4. analitik dan pelaporan, 
  5. dan media sosial berbayar. 

Mari kita mulai dengan strategi. Sebelum merencanakan Anda konten atau kampanye, Anda perlu tahu siapa audiens Anda, dan yang sosial platform yang mereka gunakan. Jika audiens Anda sebagian besar tertarik dengan konten tentang dekorasi rumah, Anda mungkin tidak memposting pada platform yang melayani bisnis dan jaringan. 

Memposting konten yang tepat di tempat yang tepat dapat menghemat baik waktu maupun uang. Untuk mengetahui jenis-jenis apa saja konten untuk dibuat, Anda juga harus melakukannya memahami tujuan Anda. Misalnya, jika Anda ingin membangun komunitas sekitar merek Anda, Anda mungkin fokus pada konten interaktif seperti jajak pendapat atau pertanyaan dan sesi jawaban. Tetapi jika tujuan Anda adalah untuk mempromosikan produk baru, menjalankan kontes atau giveaway mungkin mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Memahami audiens Anda dan memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda berkreasi konten yang efektif dan relevan

Setelah Anda mengatur Anda strategi dan konten, Anda harus mempertimbangkan perencanaan dan penerbitan. Itu berarti memutuskan kapan memposting konten dan seberapa sering untuk memposting konten. Tujuannya adalah untuk melibatkan pengikut dengan cukup mereka mengingat Anda, tetapi tidak terlalu sering Anda membuat mereka kewalahan. 

Selanjutnya adalah sosial mendengarkan dan keterlibatan. Setelah konten Anda di dunia, Anda dapat melacak dan menganalisis percakapan sosial dan menyebutkan terkait dengan merek Anda. Ini bisa berarti pengawasan tanggapan langsung ke konten sosial merek atau media yang diperoleh, seperti postingan tentang produknya, yang merupakan cara yang bagus untuk mengetahui bagaimana perasaan pelanggan tentang urusanmu. Wawasan yang Anda dapatkan bisa membantu Anda memutuskan cara merespons dan terlibat pelanggan di platform sosial. 

Tanggapan tersebut adalah penting karena mereka dapat mempengaruhi citra merek Anda dan Hubungan pelanggan. 

Pikirkan mendengarkan sosial dan keterlibatan seperti percakapan. 

Pertama, bisnis menerbitkan konten. Kemudian mereka mendengarkan caranya audiens mereka merespons. 

Dengan memperhatikan apa yang audiens mereka katakan, mereka dapat menentukan cara terbaik untuk membalas. Misalnya, jika seseorang memposting tentang betapa bermanfaatnya yang mereka temukan alat tertentu, seperti aplikasi pelacakan kebiasaan, yang dapat ditanggapi oleh merek terima kasih dan dorongan. Tetapi jika mereka memposting itu aplikasi tidak berfungsi dengan benar, mereka dapat berbagi kiat pemecahan masalah sebagai gantinya. 

Selanjutnya, Anda akan menggunakan analitik dan melaporkan untuk mengetahui bagaimana kinerja dan komunikasi konten atau kampanye Anda hasil kepada orang lain. Alat analitik media sosial dapat melacak dan mengukur hal-hal seperti komentar, bagikan, ikuti, atau klik. 

Mereka dapat memberi tahu Anda caranya banyak orang menggunakan hashtag atau nomor menyebutkan positif dari waktu ke waktu. Bisnis dapat menggunakan ini wawasan untuk menanggapi tren, atau panduan strategi masa depan. Akhirnya, ada media sosial berbayar. 

Media sosial berbayar iklan memiliki banyak manfaat yang sama seperti berbayar iklan untuk saluran lain. Itu dapat memperluas jangkauan merek melampaui basis pelanggan yang ada dan memungkinkan mereka untuk memasarkan ulang produk. Tetapi beriklan di media sosial juga memiliki beberapa keuntungan lain. Untuk satu hal, sosial platform memberikan informasi pengguna yang lebih rinci daripada mesin pencari. Itu berarti merek menayangkan iklan ke grup pelanggan yang sangat spesifik. Terakhir, media sosial berbayar adalah cara yang baik bagi merek mengembangkan daftar email mereka. Dengan menautkan iklan ke formulir pendaftaran email, bisnis dapat menghubungi pengikut mereka secara langsung dan kirim mereka penawaran khusus. Seperti digital apapun strategi pemasaran, pemasaran media sosial melibatkan pengenalan audiens Anda, menemukan mereka secara online, dan menetapkan tujuan yang berarti. Hanya dengan begitu Anda dapat merencanakan, membuat, dan menerbitkan konten. Selanjutnya, mendengarkan sosial dan pengukuran dapat memberi tahu Anda cara terlibat dengan audiens secara efektif dan menyempurnakan strategi Anda. Terakhir, dengan iklan sosial berbayar, Anda dapat memperluas jangkauan, menjangkau pelanggan tertentu, dan kembangkan daftar email Anda. 


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post