Tanggungjawab, Berusaha, Ikhlas, Lika Liku Proses Seleksi S3


 Bulan Juni 2023, merupakan bulan yang cukup epic buat saya, lumayan cukup menegangkan, mendebarkan, menguras pikiran dan tenaga, mengapa begitu ? yah, karena rentetan tanggungjawab pekerjaan yang harus di selesaikan, belum lagi permasalahan pendapatan terjadi penurunan akibat banyak hal, sehingga cukup mendebarkan. 

beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan dengan kewajiban hadir secara fisik tentu tidak bisa dihindari dengan segala macam konsekwensi yang akan didapat. pada bulan juni 2023 ini saya ada proyek yang harus dituntaskan yaitu lauching aplikasi yang perusahaan saya bangun berkolaborasi dengan Polda Riau, dan waktu tersebut bersamaan dengan proses pengarahan dan ujian seleksi masuk perguruan tinggi, kebetulan perguruan tinggi yang saya pilih adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengapa UPI karena instansi di tempat saya mengajar telah bekerjasama untuk pendidikan lanjutan tenaga pendidik. 


masih melekat betul di ingatan saya kemarin saat hari pertama ada pengarahan dari Kampus tepat saya harus memberikan juga sosialisasi kepada seluruh jajaran Polda Riau. Jujur bikin gagal fokus :) 

di hari berikutnya aplikasi yang kami bangun akan di launching, beberapa persiapan mengharuskan saya untuk memastikan semua materi berjalan sesuai dengan rencana. alhasil mendapatkan pekerjaan perbaikan sampai harus diselesaikan jam 3 dini hari. 


Pagi sekali saya harus menyiapkan persiapan multimedia, sistem dan aplikasi untuk memastikan tidak ada kendala saat nanti launching. jam 7.30 saya meminta ijin untuk kembali ke kamar mempersiapkan semua keperluan untuk proses ujian. 

jika dilihat dari kronologis diatas seperti tidak ada persiapan ya :) bisa benar bisa salah sih, tapi ini salah satu kebiasaan saya, jika ingin menghadapi tes atau ujian saya lebih memilih bagaimana menenangkan kondisi badan dan pikiran saya, dan berusaha saat tidur pulas, artinya saya berusaha untuk tidak memikirkan ujian / test sebagai beban. 

beberapa hari sebelum kesibukan yang saya jelaskan diatas sedikit sedikit toh sudah belajar dan melakukan evaluasi diri .

kita lanjutkan ke Ujian ya, dimulai jam 9 pagi dan selesai jam 15.00, saya ingat betul jadwal pesawat jam 16.00, karena hari itu saya harus kembali dari Riau ke Jakarta, karena besoknya saya harus antar staf saya untuk sidang proposal, dan saya harus menghadiri kelulusan anak perempuan saya. direncanakan sampai jakarta langsung jalan darat menuju cirebon. 

Hari selasa tanggal 19 Juni 2023 pengarahan, tetap diikuti dengan memberikan sosialisasi, tanggal 20 melanjutkan wawancara dan tanggal 21 ujian akademik. 




ke esoknya harinya saat membuka halaman pendaftaran Alhamdulilah saya mendapatkan informasi jika saya Lulus Seleksi, pasti, rasa saya gembira, penuh syukur, Nikmat Tuhan Mana Lagi Yang Kau Dustai ! 

ada yang lucu sebetulnya dari proses wawancara, beberapa pertanyaan yang penting menurut saya, dan saya jawab dengan apa adanya ; 

  1. Jika nanti tidak lulus seleksi beasiswa BPI bagaimana ? 
  2. Rencana Disertasi apa ?
  3. Tujuan pendidikan lanjutan untuk apa ? 
untuk pertanyaan, jika tidak lulus seleksi beasiswa BPI bagaimana ? saya jawab saja sepontan, tidak masalah, tujuan utama saya bukan lulus seleksi BPI, tujuan saya ya ingin bisa belajar lanjut S3. terus, professor bertanya lagi, anda saat ini memiliki japung ? saya jawab tidak!, dan ... ternyata selesai tidak ada pertanyaan lanjutan. 

Pertanyaan rencana disertasi apa ?
lagi lagi saya spontan dan sangat jujur menjawab hehehe, Nah! ini saya galau prof... saya orang yang sekolah tidak linear, S1, Komputer, S2 Manajemen, pekerjaanpun begitu, saya handling di masalah teknik dan strategik. tapi untuk keperluan pendidikan lanjutan ini, karena bidang manajemen yang saya pilih tentu saja rencana penelitian saya bertema manajemen. yang saya fokuskan pada pekerjaan saat ini yang kebetulan ikut berkolaborasi dan berkontribusi pada pengembangan sebuah sistem pengawasan di salah satu lemaga negara. nah... soal ini ga perlu diceritain ya... rahasia penguasa soalnya hehehe.

salah satu Prof penguji menyampaikan ke saya, beliau bilang, Pak Yono Maulana harus fokuskan pak, biar tidak loncat-loncat lagi, jika mungkin selaraskan saja dengan pendidikan S2 nya. saya jawab SIAP prof. :) 

setelah terjadi tanya jawab seputar keilmuan, tugas dan tanggungjawab serta rencana yang dihasilkan untuk apa semua saya sampaikan dengan ringkas, jelas, pas ! saya pede sih, dari gesture kedua professor tersebut heppi walaupun jam menunjukan sudah tidak pagi lagi, mimik mereka santai, sesekali kami tertawa dan tersenyum, nyaris semua pertanyaan saya bisa jawab karena memang berbicara seputar apa yang saya kerjakan dan manfaatnya untuk lembaga. 

oya pertanyaan Tujuan pendidikan lanjutan S3 untuk apa ? saya jawab dengan santai lagi lagi dengan apa adanya, karena di waktu yang bersamaan juga saya memikirkan acara saya berjalan dengan baik atau tidak dilapangan hhehehe, jawaban saya singkat saja, Tugas manusia belajar, semakin besar dan semakin luas tanggungjawab kita, maka kebutuhan akan ilmu pengetahuan akan semakin banyak, dari itulah saya berniat untuk terus belajar, minimal untuk pribadi saya, lingkungan jika mungkin untuk negara terlebih saat inipun saya sedikit banyaknya terlibat dalam teknis maupun strategis di salah satu lembaga negara, biar agak gagah sedikit gitu jawabnya hehehe. ya tapi faktanya memang demikian. 

dan berkahir sudah proses wawancara kami, ditutup dengan salam...
lanjut ! begitu selesai, saya langsung keluar kamar, menuju Bandara, karena pesawat sudah menunggu, memanggil melalui suara wanita dengan nada khasnya, memaksa setiap penumpang untuk bergerak ke kabin, duduk, berdoa, dan sampai tujuan. 

sesampainya di rumah, dan pada tanggal 26 Juni 2023, Bissmilah, sekali layar terkembang pantang untuk kembali pulang, saya mencoba peruntungan kembali mengikuti seleksi beasiswa pendidikan Indonesia (BPI 2023), seraya saya berdoa Bissmilahirrohmanirrohim, La Haula Walakuawwata Illa Billah, Klik Submit ! data yang telah anda submit sudah dikunci tidak dapat diperbaharui lagi !



medio 28 juni 2023


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post