Tenaga Ahli Ini Bakal Banyak Dicari Dimasa Depan

Selamat datang kembali.  Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman umum tentang apa yang dilakukan manajer proyek, mari kita fokus pada jenis pekerjaan yang mungkin Anda kuasai setelah menyelesaikan program ini. 

Untuk memulai, saya punya pertanyaan untuk Anda. Menurut Anda, berapa banyak peran terbuka yang tersedia untuk manajer proyek? 

Petunjuk: Jawabannya adalah angka yang sangat besar. Manajer proyek sangat diminati. Pada tahun 2017, sebuah studi oleh Project Management Institute menemukan bahwa pada tahun 2027, 

pengusaha akan membutuhkan 87,7 juta orang untuk mengisi peran yang selaras dengan manajemen proyek. 

Menurut studi yang sama, industri dengan pertumbuhan terbesar adalah manufaktur dan konstruksi, layanan informasi dan penerbitan, manajemen dan layanan profesional, keuangan dan asuransi, utilitas, dan minyak dan gas. 

Manajemen proyek memainkan peran besar dalam membantu semua industri ini tumbuh. Di beberapa industri, Anda akan menemukan istilah "manajer proyek" dikelompokkan dengan kata kualifikasi yang lebih spesifik untuk industri. 

Misalnya: "manajer proyek konstruksi" atau "manajer proyek TI", atau "manajer proyek teknik". 

Jangan khawatir. Ini semua masih peran manajer proyek—mereka hanya khusus untuk suatu industri. Dan penting untuk diingat bahwa keterampilan yang Anda pelajari di satu industri dapat diterapkan ke industri lain. 

Proyek-proyek baru bermunculan setiap hari. Di semua industri, kami memperhatikan bahwa teknologi baru diperkenalkan, yang mengarah pada perubahan proses dan kebutuhan untuk mengelola proses tersebut. Jadi, semua jenis perusahaan membutuhkan orang-orang seperti Anda yang dapat menangani berbagai proyek dari awal hingga akhir, untuk membantu mereka menavigasi perubahan ini. 

Sekarang, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Anda sudah memiliki beberapa keterampilan tersebut, seperti mengatur atau merencanakan suatu acara, memecahkan masalah, atau bahkan mengelola anggaran, dan Anda menggunakannya secara efektif dalam kehidupan sehari-hari Anda. 

Renungkan beberapa keterampilan yang kami sebutkan sebelumnya dan tanyakan pada diri Anda, apa saja bagian dari manajemen proyek yang membuat Anda tertarik? Meskipun Anda mungkin belum memiliki jawabannya, memikirkan hal-hal ini dapat membantu Anda menemukan peran yang cocok nanti. Saat Anda melanjutkan program ini, cobalah untuk melacak pelajaran dan aktivitas yang Anda sukai dan yang tidak terlalu Anda sukai. Ini akan membantu Anda mempersempit pilihan saat Anda mencari melalui papan pekerjaan nanti. 

Keindahan manajemen proyek adalah Anda tidak perlu menjadi ahli pada topik teknis yang terfokus— Anda hanya perlu mampu mengelola proyek. 

Anda bisa menjadi manajer proyek konstruksi atau teknologi, atau Anda bisa memasuki industri perawatan kesehatan dan bekerja di manajemen pasien. Anda juga dapat memasuki sektor energi dan bertindak sebagai manajer proyek lingkungan. Kemungkinannya hampir tidak terbatas. Yang sama menariknya adalah Anda bahkan bisa mendapatkan judul yang sama sekali berbeda. Misalnya, ada peran yang memerlukan urutan proyek yang sedang berlangsung yang dianggap sebagai program atau operasi di industri. 

Dalam hal ini, perannya mungkin tidak digambarkan sebagai manajer proyek, melainkan sesuatu yang sedikit lebih ramah lingkungan, seperti "manajer operasi" atau "manajer program". 

Judul lain yang mungkin masuk akal bagi Anda dapat mencakup "asisten operasi", "asisten proyek", "koordinator proyek", dan "asisten program". Dalam hal tugas pekerjaan, tanggung jawab Anda mungkin berubah tergantung pada jenis perusahaan yang Anda pilih. Misalnya, beban kerja dan tugas khusus di agensi kecil akan berbeda dengan yang ada di Google. 

Penting juga untuk diingat bahwa ketika dunia terus berubah dan berkembang, begitu pula industri dan peluang kerja yang akan Anda temukan di sana. Jadi pastikan untuk melemparkan jaring yang lebar. Anda akan dapat menemukan lebih banyak pekerjaan yang memenuhi syarat untuk Anda. Selain memenuhi syarat untuk pekerjaan terkait manajemen proyek, ada banyak peran atau jalur lain yang mungkin menarik bagi Anda. 

Magang terkadang bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai. Magang adalah cara jangka pendek untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam suatu industri. Plus, magang adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan resume Anda dan membedakan diri Anda dari kandidat lain. 

Salah satu manfaat utama dari magang adalah Anda mendapatkan pengalaman kerja yang nyata sekaligus berjejaring dengan orang-orang di industri tersebut. Ini adalah win-win. Sekarang beberapa magang di bidang Anda mungkin secara teknis bukan peran manajer proyek, tetapi banyak peran dapat dengan mudah ditransfer. Misalnya, sesuatu seperti peran "manajer acara magang" dapat menjadi posisi manajer proyek penuh waktu di kemudian hari. Magang tidak bagus untuk gaya hidup semua orang, tetapi jika Anda dapat membuatnya bekerja, itu adalah pilihan yang fantastis. Jalur lain yang bisa Anda ambil adalah kontrak kerja. Bekerja untuk perusahaan berdasarkan kontrak berarti Anda akan bekerja dengan mereka berdasarkan proyek per proyek, tetapi Anda tidak akan menjadi karyawan penuh waktu. 

Pekerjaan semacam ini adalah cara yang bagus untuk memulai dan membangun portofolio Anda. Plus, ini memberi Anda fleksibilitas untuk mencoba beberapa proyek berbeda sekaligus, tergantung pada tingkat komitmen yang diperlukan untuk itu. Manfaat lain dari kontrak adalah memungkinkan Anda exp

Kategori pekerjaan manajemen proyek dan peran umum

Peran manajemen proyek tingkat pengantar

Posisi manajemen proyek tingkat pemula adalah peluang besar untuk memulai dan mempelajari seluk beluk bagaimana perusahaan mengoperasikan dan mengelola proyek. 

Pelajaran yang Anda pelajari dari pengalaman ini sangat berharga bagi pertumbuhan Anda dalam manajemen proyek. Beberapa posisi manajemen proyek tingkat pemula meliputi:

  • Manajer Proyek Junior: Melakukan semua aspek menjadi manajer proyek bersama dengan profesional yang lebih berpengalaman.
  • Administrator Proyek: Membantu tim proyek lainnya dengan tugas-tugas administratif.
  • Asisten Proyek/Program: Mendukung anggota tim yang mengerjakan proyek dan menawarkan dukungan administratif. Dapat melakukan penelitian atau membuat dokumen pelatihan bersama dengan pekerjaan lain yang ditugaskan oleh pemimpin program.
  • Koordinator Proyek/Program: Berpartisipasi dalam pekerjaan proyek dan tugas administratif. Bekerja di bawah manajer proyek untuk memastikan proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.
  • Spesialis Dukungan Proyek: Bekerja bersama manajer proyek dan anggota tim untuk mengawasi proyek yang ditugaskan. Mungkin juga bertanggung jawab untuk melatih dan mengembangkan karyawan untuk melakukan tugas yang ditentukan.


Peran manajemen proyek tradisional

Setelah Anda mendapatkan beberapa pengalaman di posisi tingkat pengantar, Anda dapat menjelajahi peran manajemen proyek tradisional, seperti:

  • Manajer Proyek: Bertanggung jawab untuk memulai, merencanakan, melaksanakan, memantau, dan menutup proyek. Termasuk judul khusus industri seperti manajer proyek TI, manajer proyek konstruksi, atau manajer proyek teknik, yang memanfaatkan keterampilan yang dapat ditransfer antar industri.
  • Analis Proyek: Memindahkan proyek dengan berbagi informasi, memberikan dukungan melalui analisis data, dan berkontribusi pada strategi dan kinerja.
  • Pemimpin/Direktur Proyek: Mendorong pengambilan keputusan inti dan menetapkan arah proyek. Biasanya memiliki pengetahuan tentang produk atau kiriman.
  • Pengontrol Proyek: Terutama bertanggung jawab atas perencanaan proyek. Anda kemungkinan akan melihat jabatan ini di industri seperti teknik dan konstruksi.
  • Manajer Proyek Teknis: Melakukan perencanaan dan manajemen proyek untuk tujuan yang diidentifikasi dalam perusahaan. Memastikan bahwa proyek diselesaikan dengan persyaratan dalam kerangka waktu dan anggaran yang ditentukan.
  • Analis Project Management Office (PMO): Mengelola kemajuan proyek yang kompleks untuk memastikan pelaksanaan dan penyelesaian tepat waktu.


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post