Hebat! Indonesia Lahirkan Unicorn, Salah Satunya Diperkirakan Akan Semakin Besar



sumber : kompas.com
Apa sih Unicorn ? jawaban bebas sederhananya adalah adalah sebutan bagi start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS atau setara Rp 13,5 triliun (kurs Rp 13.500 per dollar AS). sumber : kompas.com

Dan hebatnya lagi jumlah Unicorn yang lahir di Indonesia termasuk lebih banyak dibandingkan dinegara lain.

Pertanyaannya menagapa kok bisa banyak bermunculan Indonesia ? seperti terlansir dilaman kompas.com Ekonom Unika Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko menjawab pertanyaan tersebut.

"Salah satu yang muncul itu, satu itu karena di sini (Indonesia) tidak ada aturannya. Karena tidak ada aturannya orang jadi berkreasi semaksimal mungkin," 
 ucap dia dalam FGD BTPN di Bali beberapa waktu lalu.

Siapa Saja Unicorn Indonesia ?
  1. Go-Jek
Pada awalnya Go-Jek hanya melayani angkutan jasa ojek melalui pemesanan secara online. Lantas, Go-Jek melebarkan sayap dengan menambahkan beberapa fasilitas baru seperti Go-Send, Go-Ride, Go-Food, Go-Mart, Go-Box, Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, Go-Busway, Go-Tix, Go-Car, Go-Auto, Go-Med, Go-Pulsa, Go-Shop, dan Go-Bluebird.
Hingga pertengahan tahun 2016, aplikasi Go-Jek tercatat telah diunduh sebanyak 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android dan untuk iOS di App Store.Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim ini telah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia di antaranya Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Solo, Malang, Yogyakarta, Balikpapan, Manado, Bandar Lampung, Padang, Pekanbaru, dan Batam.
Sebelumnya, fundraise yang dimiliki Go-Jek sebesar US$550 juta namun valuasi saat ini telah meningkat jauh menjadi US$1,3 miliar. sumber : wartaekonomi.co.id

2. Tokopedia
William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pertama kali meluncurkan Tokopedia pada tanggal 6 Februari 2009. Sejak diluncurkan, Tokopedia menjelma menjadi marketplace yang digemari masyarakat.Karena keberhasilan dalam mengembangkan bisnis di Indonesia, Tokopedia mendapatkan penghargaan Marketeers of The Years pada tahun 2014 dalam sector e-commerce. Saat ini Tokopedia bukan hanya melayani pembelian produk saja, tetapi juga sistem pembayaran, pinjaman online, hingga pembelian pulsa.
Tercatat, Tokopedia merupakan perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan Softbank Internet and Media Inc. Selanjutnya Tokopedia juga mendapatkan investasi lagi sebesar Rp1,9 triliun. Lalu Alibaba turut berinvestasi di Tokopedia sebesar Rp14,7 triliun pada bulan Agustus 2017.

3. Traveloka
Derianto Kusuma, Ferry Unardi, dan Albert Zhang pertama kali meluncurkan Traveloka pada Februari 2012 dan langsung mendapatkan respons positif dari masyarakat. Pada awalnya Traveloka memiliki fungsi sebagai seach engine untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lain. Namun pada bulan Juli 2014 Traveloka mengubah model bisnis menjadi pemesanan tiket pesawat dan hotel online. Saat ini Traveloka bukan hanya memberikan pelayanan di Indonesia saja tetapi sudah merambah hingga Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura.
Traveloka memiliki funding sebesar US$500 juta. Hal inilah yang membuat Traveloka menjadi salah satu unicorn asal Indonesia. Beberapa investor yang menempatkan dana di Traveloka antara lain Expedia, Hillhouse Capital, JD.com, East Ventures, Sequoia Capital, dan Global Founders.

4. Bukalapak
Tokoh penting yang ada di belakang Bukalapak adalah Achmad Zaky dan Nugroho Herucahyono. Bukalapak memiliki sistem pembayaran yang tidak hanya sebatas transfer ataupun melalui rekening virtual tetapi juga melalui Bukadompet.
Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak menyatakan bahwa Bukalapak telah memiliki valuasi lebih dari Rp13,5 triliun. Hal ini resmi dikatakan dalam acara diskusi digital economic briefing yang diadakan oleh Tempo Media Group. Hal inilah yang membuat Bukalapak masuk ke dalam deretan startup yang berkategori unicorn di Indonesia.

Salah satu dari startup diatas adalah bergerak dibidang pariwisata, dan ini juga yang diprediksi akan terus tumbuh dan besar di beberapa tahun kedepan. melihat dari trend dunia bahwa semakin kedepan dunia pariwisata semakin menarik dan terus diminati oleh orang diseluruh dunia.
Sumber : kompas.com, wartaekonomi.co.id, msn.com


0 komentar