14. Unique Selling Proposition (USP) 73 Jurus UKM Jawara

Unique Selling Proposition (USP) adalah faktor yang menjadi pembeda produk Anda dibandingkan kompetitor. Hal ini bisa dilakukan di berbagai hal, mulai dari harga yang murah, produk yang unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain, produk pertama yang menggunakan materi tertentu, dan masih banyak lagi. 
Bicara mengenai cendol, minuman ini bisa dikatakan tidak berbeda antara satu gerobak dengan gerobak lainnya. Namun, Danu Sofwan, yang merupakan pemilik Radja Cendol melakukan terobosan. Sebut saja mengganti santan dengan susu hingga menambah topping dengan cokelat, keju dan lainnya. 
Berbekal dua langkah itu, Radja Cendol berhasil melebarkan sayapnya ke seluruh pelosok Nusantara dan telah memiliki lebih dari 550 gerai. Kuncinya adalah Unique Selling Proposition, yang membedakan cendol Danu dengan ‘cendol gerobakan’ yang jamak kita temui. 
Sebagai pemain UKM, kita pun harus menentukan apa yang menjadi USP kita. Kita tentunya boleh mengusahakan agar USP yang kita miliki sulit untuk ditiru oleh pesaing. Sebab, hal itu bisa menjadi DNA dan membuat Anda berbeda dari produk pada umumnya.

0 komentar