Kelas Inspirasi Brebes 3, Karena Setiap Anak Berhak Mengejar Mimpinya


Indonesia Mengajar merupakan sebuah inisiatif gerakan di bidang pendidikan yang merekrut, melatih, dan mengirimkan lulusan terbaik untuk mengajar sekolah dasar di daerah pelosok Indonesia selama 1 tahun. Kontribusi GIM dalam pendidikan Indonesia dimulai dari tahun 2010. Salah satu misi utama dari gerakan ini adalah mengajak berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, untuk turut terlibat aktif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan bangsa. Ajakan ini hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Kelas Inspirasi.

Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi.




KELAS INSPIRASI BREBES #3
kelas Inspirasi Kabupaten Brebes sudah ke 3 kalinya diadakan, kali ini bertepatan pada hari jumat dan sabtu 27-28 Juli 2018. Brebes sendiri memiliki Sekolah Dasar sebanyak 897 SD, 149 SMP dan 152 SMA sederajat. 

kelas Inspirasi di Brebes dimulai pada tahun 2016 di kelas inspirasi pertama Bupati Brebes juga turut serta dalam kegiatan tersebut. 

disampaikan oleh yang mewakili Ibu Bupati Kabupaten Brebes bahwa memupuk mimpi bukanlah hal yang mudah seperti membalikan telapak tangan. Kegiatan KI merupakan kegiatan yang sangat mulya dan baik, tanpa pamrih, tanpa digaji, dan tentunya semua para relawan sangat iklhas dalam melaksanakan kegiatan ini. harapan beliau dengan adanya kelas inspirasi ini para siswa mendapatkan gambaran tentang cita-cita mereka mendapatkan cerita dari para profesional kemudian membangun mimpi mereka mewujudkan cita-citanya.  ini juga merupakan pendidikan karakter melalui revolusi mental dimana pendidikan karakter untuk SD sebanyak 70% dan SMP 60% semoga kegiatan ini memberikan warna bagi mereka. 

Kelas Inspirasi Brebes tahun 2018 sebanyak 10 sekolah dengan perkiraan jumlah relawan sebanyak 160 orang yang terdiri dari berbagai profesi, derah, suku dan agama. 

7 PRINSIP KELAS INSPIRASI
ada 7 prinsip KI yang harus dipegang teguh diantaranya adalah ;
  1. Sukarela
  2. bebas Kepentingan
  3. Tanpa Biaya
  4. Siap belajar
  5. Ambil Bagian Langsung
  6. Silaturahmi
  7. Ikhlas
itulah 7 Prinsip yang harus diketahui oleh seluruh para relawan yang mendaftar untuk menjadi inspirator. 



KI3 SD PAMENGGER 2
Saya mewakili sahabat-sahabat KI SD Pamengger 2 ingin memberikan sedikit gambaran tentang apa yang kami lakukan dilapangan, sebelumnya dalam kelompok kami terdiri dari 16 orang relawan yang terdiri dari fasilitator, inspirator dan dokumentator, berikut adalah nama tim SD Pamengger 2 Brebes : 
  1. Adhitya Ari Nugroho
  2. Riska yustiyanti
  3. Arif Widiyatmoko
  4. Uli Auliya Nahdiyah
  5. Lutfiatun Hidayah
  6. Yono Maulana
  7. Desy Widya Astuti
  8. Septi Cahya Utami
  9. Sartika Idayu
  10. Syukron MF
  11. Nisaul Malaisi
  12. Fibri Luckmarinda
  13. Wilda Khaerita Putri
  14. M Ivan Aulia Rokhman
  15. Riyan Wijaya
  16. Anjang Pruwati

Hari jumat tim kami ikut serta melakukan meeting persiapan yang dilakukan oleh panitia, selesai meeting dan pengarahan kami langsung menuju homestay yang telah disediakan oleh sahabat-sahabat dari Brebes tepatnya dikediaman ibu guru SD Pamengger 2. Tim tentu saja berterimakasih atas kebaikan yang diberikan oleh para guru disana. 

Malam hari tim mempersiapkan alat bantu dan alat peraga untuk esok hari, semua bekerjasama dengan penuh bahagia, malam itu adalah malam bulan purnama dengan penomena Gerhana Bulan Total atau yang disebut dengan BloodMoon , seolah menjadi saksi bisu kami, dan menjadi pendorong semangat yang luar biasa, 
"gerhana bulan tak setiap malam hadir, kehadirannya sangat jarang sekali, namun ia memberikan warna tersendiri yang melekat pada ingatan setiap pribadi yang menyaksikannya" 
kami tak berharap seperti itu namun paling tidak Gerhana Bulan pada malam itu memberikan inspirasi bagi kami.

PAGI YANG MENYENANGKAN
Ke esokan harinya semua tim sudah bersiap, selesai sarapan semua menuju SD Pamengger 2, yang jaraknya tidak begitu jauh dari homestay kami, terlihat anak-anak sudah ramai dihalaman sekolah, rupanya mereka sudah mengetahui rencana kedatangan kami, tampak cerah dan ceria serta penuh semangat seperti pagi itu yang menyenangkan. 

setelah semua tim mempersiapkan semuanya, perkenalan dimulai dihalaman sekolah, kemudian dilanjutkan dengan mengajak di kelas yang telah ditntukan oleh panitia. 
semua berjalan sesuai rencana, semua senang dan bahagia, para relawan tampak semangat dan bahagia bercengkrama dengan anak-anak desa yang memiliki mimpi besar. kehadiran kami sebagai orang baru disekolahnya seperti sebuah pengalaman yang membahagiakan terlihat mereka sangat akrab dengan tim kami.mereka senang mengikuti setiap kelas dan perkenalan. mereka juga tampak antusias ingin mengetahui profesi yang sebelumnya mereka tak ketahui. 

mereka menempel kupu-kupu yang ditulis nama dan cita-cita mereka, berjalan, menempel, tertawa bahagia, bernyanyi gembira, berali, itu mereka, itulah kita saat itu, ya saat itu, sehari bersama kami. 

Kegiatan selesai jam 12 siang, semua siswa dikumpulkan dihalaman sekolah, datang dengan salam dan perkenalan tentunya pulang juga dengan salam dan permohonan maaf.



PERSAHABATAN DI KI 3 BREBES
Kelas Inspirasi Brebes 3 tentu saja bukan hanya soal suka rela mengajar di sekolah dasar melainkan juga soal persahabatn baru. melalui KI banyak bertemu sahabat yang memiliki jiwa sosial dan kemanusiaan yang tinggi, mereka semua orang hebat, yang mampu meluangkan waktu untuk sebuah kepedulian luar biasa. 

Melalui KI juga kita dapat wawasan dan ilmu baru serta pengalaman yang tak terlupakan, dengan para sahabat baru dari berbagai latar belakang. mereka semua luar biasa.

Berbagi, Kepedulian, Ikhlas tidak perlu menunggu kita kaya raya, melainkan niat yang tulus dari setiap jiwa! 
terima kasih sahabat Inspirasi, kita hanya bersama sehari, Insya Alloh akan memberikan warna tersendiri dalam sanubari.

Lihat Video Kelas Inspirasi Brebes #3 SD Pamengger 2 Disini


0 komentar