Apa Itu Metaverse, Kelebihan dan Kekurangan Serta Ancaman yang Akan Datang

Gara-gara Facebook mengubah nama perusahaannya menjadi META dan mengumumkan akan menggelontorkan dana 10 miliar US Dollar atau setara 140 Triliun Rupiah di tahun ini untuk membangun METAVERSE 

APA ITU METAVERSE 

APA SIH METAVERSE DAN Bagaimana METAVERSE  akan mengubah cara kita bersosialisasi bekerja dan menjalankan bisnis,

 apa Sisi baik dan buruk dari METAVERSE dan bagaimana perusahaan perusahaan sebaiknya merespon hadirnya METAVERSE

Satu hal penting dulu ya METAVERSE situ sekarang ini sebenarnya belum ada, METAVERSE  baru ada dalam imajinasi para pengusaha visioner seperti mark zuckerberg DAN TEMEN TEMENNYA jika nanti benar-benar terwujud akan berpotensi mengubah cara kita menjalani hidup bersosialisasi bekerja dan melakukan apapun. 

METAVERSE membuka kemungkinan tanpa batas untuk mengeruk beragam keuntungan dengan cara-cara yang sebelumnya tidak terbayangkan bagi para pelaku industri kreatif khususnya bidang digital design dan gaming ini adalah tanah harapan yang terbuka lebar untuk anda 

Matthew Ball Seorang venture capitalis dan penulis metaverse scrimmer mendefisiniskan :

adalah jaringan luas dari dunia virtual 3 dimensi yang bekerja secara real-time dan presisten. serta mendukung berkesinambungan identitas, objek, sejarah, pembayaran dan hak yang mana dunia itu dialami secara serempak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas. 


SEMENTARA definisi metaverse menurut facebook :

adalah seperangkat ruang virtual yang anda ciptakan dan jelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan anda


hal iniseperti film ready player one dibuat oleh stepen spielberg 

seperti gamer fortnite 

seperti roblox dan mindcrapt

dimana setiap individu dapat menuangkan imajinasinya untuk membangun sesuatu dan diluar kebiasaan. banyak hal imajinatif yang tak terduga dan menghasilkan karya yang luar biasa.

seperti halnya juga Roblox di mana anda memainkan sebuah avatar  yang anda ciptakan untuk hidup dan reaksi dengan Avatar lain dalam sebuah dunia virtual tapi bedanya…. alih-alih Anda memainkannya dengan melihat layar gadget anda harus dimainkan dengan menggunakan perangkat VR yang membuat anda benar-benar merasa ada di dalam dunia virtual tersebut. 

perbedaan yang lain dengan Roblox dan mind crap adalah tampilan dan desain dunia Roblox itu sangat sederhana METAVERSE akan bisa menghadirkan DUNIA 3 dimensi yang menyerupai dunia yang sebenarnya bahkan bisa lebih baik lagi. 

saya berikan perumpamaan yang lebih konkrit bayangkan seandainya tiba-tiba ditemukan sebuah planet baru yang tidak jauh dari bumi keindahan yang bisa kita temukan di planet itu hanya bisa dibatasi oleh daya imajinasi kita saja dan semua manusia siapapun mereka bisa tinggal di planet itu.

MAKA perusahaan-perusahaan  besar seperti Facebook berlomba-lomba untuk menguasai lahan sebanyak-banyaknya di dunia yang baru ditemukan itu dan di atas lahan  itu mereka membangun kota impian dimana siapapun bisa menjadi apapun yang dia inginkan 

bisa melakukan hal-hal yang mereka tidak bisa lakukan di bumi bermitra dengan banyak perusahaan pengembang mereka membangun berbagai fasilitas umum perkantoran tempat rekreasi sekolah dan kemudian menjual lapak-lapak tanah rumah apartemen dan juga ruang perkantoran mereka ajarkan teknologi termutakhir dan konsep dunia yang begitu memukau. 

 semuanya dalam rangka memikat sebanyak mungkin orang untuk mau tinggal di kota impian yang mereka ciptakan nah METAVERSE  kurang lebih seperti itu 

hanya bedanya planet dan kota-kotanya bersifat virtual berada di alam Maya yang bisa kita akses melalui perangkat VR walaupun Maya pengalaman yang anda alami di dalam dunia virtual itu bersifat Real Time dan permanen sama dengan kehidupan kita saat ini semua yang biasa kita lakukan dalam dunia nyata bisa kita lakukan di sana bahkan lebih termasuk berbisnis dan berkarir untuk mencari uang DI METAVERSE anda bisa membeli tanah rumah baju mobil ataupun karya seni digital dan mendapatkan sertifikat kepemilikan yang sah atas aset aset digital itu. 

BARANG-barang itu akan selalu ada dan tetap akan jadi milik anda selama anda tidak menjualnya ke orang lain Jika barang anda disukai banyak orang dan mereka membelinya barang anda bisa jadi tinggi nilainya di pasar.

jika kita bicara dunia virtual reality sebetulnya Google sudah jauh lebih dulu menghadirkan teknologi ini, hanya berberkal kacamata VR kita bisa berkeliling dunia, namun bedanya yg dihadirkan google adalah visual dari dunia nyata dan mereka baru menghadirkan secara visual belum sampai bertransaksi, tapi jangan salah inilah cikal bakal dunia metaverse lagi-lagi mereka akan menjadi tuan tanah nantinya. 

Kenapa Facebook begitu nafsu membangun metaverse ? 

sebagian karena metaverse  itu sebuah gagasan yang keren 

sebagian lagi karena berdasarkan menjadi lahan baru yang tidak terbatas untuk menghasilkan uang sebanyak-banyaknya.


SAM PEURIFOY seorang PHD berusaia 27 tahun dari columbia university, rela  meninggalkan pekerjaannya di Golden Sachs untuk mengejar keuntungan dengan bermain video game bernama AXIE Infinity 

sebuah permainan online berbasis Blockchain  yang menggunakan uang Kripto sebagai alat tukar bermain, dimana ia harus membeli 3 buah monster yang disebut axie seharga 500 dolar kemudian eksis memiliki ini akan diadu dengan eksis milik pemain lainnya dengan modal pertarungan seperti permainan Pokemon pemenang akan mendapatkan SMALL LOVE PTION

yang bisa digunakan untuk mengembangbiakkan eksis semakin sering menang maka semakin banyak eksis yang berhasil dilahirkan. 

NAH!  Axis Axis baru ini bisa digunakan oleh SAM PEURIFOY untuk DIPERTANDINGKAN lagi sehingga bisa mendapatkan lebih banyak SMALL LOVE PTION atau bisa juga dijual kepada pemain lain SEHARGA kurang lebih 150 dolar praksisnya. 

 Nah inilah letak ekonomi …. dengan modal 500 dolar bisa berternak banyak Axis dan dijual dengan keuntungan yang berlipat ganda. 

orang-orang seperti SAM PEURIFOY tentu cerdas Mereka ingin mencetak sebanyak mungkin uang, maka mereka mulai mempekerjakan pemain lain yang gak punya modal untuk bermain atas nama mereka.

Selain itu mereka juga memberikan modal kepada pemain lain dengan imbalan bagi hasil atas setiap kemenangan yang mereka dapatkan dengan begitu jumlah kekayaan yang bisa dikumpulkan menjadi tidak terbatas inilah ekonomi METAVERSE. 


dalam dunia yang tidak terbatas kekayaan pun menjadi tidak terbatas. 


DALAM METAVERSE  Anda dapat membeli atau menyewa tanah membangun apapun diatasnya dan mendapatkan uang dari nya,  Anda bisa membuat museum virtual, lokasi wisata virtual, oya, pada tahun 2019 saya pernah membangun digital guide untuk meningkatkan kunjungan turis ke keraton kanoman cirebon, disana saya mencoba untuk membuat Virtual Reality dimana setiap individu bisa berkunjung melalui VR dan mendapatkan pengalaman pertama sebelum benar benar datang ke lokasi wisata tersebut. para pengunjung VR sudah mendapatkan Guide secara digital baik dengan suara, teks dan gambar, nah kedepan mungkin ini bisa dikembangkan menjadi metaverse. begitulah kira kira harapan saya. 

kemudian Anda juga bisa membangun Mal dan menarik komisi dari setiap penjualan yang terjadi di dalam mall visual Anda bahkan anda bisa memasang Billboard di dinding bangunan anda dan menyewakan pada brand yang ingin beriklan. 

pertanyaannya…??? emang ada yang mau ? ADA! ada banget dan itu sekarang sudah terjadi ! dan Coba bayangin Ketika nanti milyaran manusia sudah memenuhi METVERSE selayaknya Facebook yang sekarang ini juga berisi hampir 3 miliar orang maka harga tanah yang anda miliki di situ pasti akan melambung tinggi dan Billboard yang ada pasang diri anda itu akan jadi rebutan brand-brand besar CUAN SEMUA ITU ISINYA. 

semua itu anda seorang arsitek Anda juga bisa tuh menjual layanan mendesain rumah virtual di ketahui kemudian kerjasama dengan seorang programmer untuk membangunkan rumah itu untuk lain Anda atau anda ingin jadi bisa-bisa bangun pabrik mobil di dalamnya kemudian menjual mobil digital itu kepada penduduk yang ada di situ.

atau anda ingin menjadi seperti ELON MUSK ? bisa, anda bisa bangun pabril mobil didalam metaverse kemudian menjual mobil-mobil digital itu kepada penduduk yang ada disitu. jika anda pemilik pabrik mobil di dunia nyata anda bisa menjual versi digitalnya dan menjual di metaverse. 

teknologi NFC yang dilekatkan pada aset anda memastikan bahwa aset itu unik milik anda. dan memiliki nilai dan dapat diperjualbelikan.


EVOLUSI KAPITASLISME. 

siapa yang akan mendapatkan keuntungan paling besar di METAVERSE ini ?

jawabannya jelas ya Para tuan tanah dan pengusaha yang masuk paling awal seperti mereka yang beli Bitcoin 10 tahun yang lalu sekarang kaya raya. 

dan ketika METAVERSE sudah semakin mancur dan pemain-pemain baru semakin banyak, maka ketimpangan ekonomi akan terjadi,  ratusan ribu orang akan berusaha membuka bisnis di sana para tuan tanah pun akan menetapkan harga sewa lapak yang bisa jadi ENGGA masuk akal. 

jutaan mencari kerja berharap bisa menjadi karyawan di perusahaan  para penguasaha metaverse. 


saat dunia metaverse sudah berjalan banyak orang akan cari  lowongan kerja yang terbatas. terbatas karena  jauh melampaui supply, para pencari kerja terpaksa menerima tawaran dengan gaji terendah, para pekerja  dipaksa ikhlas menerima bagi hasil yang nggak seberapa,  yang kaya semakin kaya miskin terima aja dan banyak berdoa. :)

siapa yang paling diuntungkan dari semua itu ? ya mereka  yang membangun dunia itu Alfa yang memungkinkan semua itu ya tentu saja Facebook seperti ungkapan yang sering diucapkan di sebuah Casino 

kapitalisme telah bekerja dengan sempurna dalam sebuah komunitas yang dikelola oleh pemimpin yang adil maka aturan main akan dibuat untuk membangun kemaslahatan bersama yang dapat meningkatkan kesejahteraan semua anggota komunitasnya. 


Sayangnya Facebook seperti pusat-pusat lainnya adalah mesin kapitalisme tujuannya cuman satu mengeruk keuntungan sebesar-besarnya untuk para pemegang saham maka aturan lain akan selalu berpihak kepada tuan tanah.

mereka membuat aturan seolah-olah berpihak kepada yang lain padahal itu semua kepandaian mereka dalam memainkan permainan mereka.


SUPAYA BERIMBANG…

Yuk kita lihat dari sudut pandang yang berbeda bagi sebagian orang merupakan sebuah libertarian UTOPIA  yang memungkinkan setiap orang dapat bertindak dan melakukan aktivitas ekonomi tanpa adanya intervensi dan manipulasi dari pemerintah.

Mereka melihat METAVERSE kemungkinan besar akan berjalan diatas dan mata uang kripto BLOCKCHAIN yang akan bisa menghadirkan pasar bebas atau free market yang sebenar-benarnya. 

semuanya kembali pada mekanisme pasar yang murni hal itu mereka yakini akan memberikan keadilan yang sejati untuk semua pelaku ekonomi. 

DAVID CAMERON mantan Perdana Menteri Inggris pernah berkata “saya percaya bahwa pasar buka dan perusahaan bebas adalah kekuatan terbaik yang dapat dibayangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan manusia mereka adalah mesin kemajuan menghasilkan usaha dan inovasi yang mengangkat orang keluar dari kemiskinan dan memberi orang kesempatan ketika bekerja dengan baik pasar terbuka dan perusahaan bebas benar-benar dapat mempromosikan moralitas.” 

dalam perspektif libertarian METAVERSE akan mendorong perdagangan bebas di mana persaingan yang adil akan tercipta semua orang diperlakukan sama dan hanya produk berkualitas tinggi yang bisa menang. 


TANAH HARAPAN UNTUK SEMUA 

siapapun termasuk perusahaan perusahaan kecil, bisa menjadi tuan tanah di dunia baru ini, jika mereka masuk lebih awal dan memposisikan dirinya dengan baik sama seperti dulu ketika para pengusaha dari negara-negara maju berlayar mengeksplorasi lautan hingga menemukan benua baru mereka kemudian menguasai lahan-lahan yang ada di sana. 

Merekapun jadi kaya raya, Padahal di negara aslinya mereka bisa jadi bukan siapa-siapa maka pesan-pesan yang punya visi besar seperti Facebook pastinya akan mencoba masuk lebih dulu agar bisa menguasai lahan yang paling besar dan menjadi penguasa di dunia baru itu. 

 itulah yang membuat Facebook berani investasi besar-besaran ke dalam pembangunan METAVERSE ini. karena di situlah masa depan dari kapitalisme. 

METAVERSE perlu  waktu yang tidak Sebentar Sebelum benar-benar menjadi kenyataan namun agak sedikit loh perusahaan yang sudah mulai curi start agar nantinya bisa Mendulang keuntungan di dunia yang baru itu salah satunya adalah Wir Group perusahaan asli Indonesia yang dikomandoi oleh Michael Budi saat ini bekerja sama dengan perusahaan Singapura untuk menciptakan berbagai ruang virtual dari pasar Sehingga peserta Avatar untuk digunakan para user dalam interaksi dan transaksi di METAVERSE. 

sesungguhnya kita enggak perlu menunggu hingga METAVERSE terwujud jadi kenyataan saat ini pun kita sudah melihat, anak kita lebih banyak menghabiskan waktu bermain di dunia virtual dengan teman-temannya dari berbagai negara dibandingkan bermain dengan anak tetangga di kampung atau komplek rumah, bahkan bukan cuma hanya itu, sebagian dari kita pun merasa lebih senang hidup di linimasa media sosial daripada di dalam kehidupan nyata kita sehari-hari. karena apa coba? karena kita memiliki kebebasan untuk berekspreasi dan melakukan apa yang ingin dilakukan.! 

melihat itu kayaknya METAVERSE akan datang lebih cepat  dari yang kita duga ! 

ironisnya selagi dunia bergerak cepat menuju masa depan masih banyak perusahaan yang hidup di masa lalu mereka terus meyakinkan diri mereka sendiri, bahwa mereka akan baik-baik saja dan di akhir tahun seperti ini, mereka sedang sibuk menyusun rencana masa depan berdasarkan data historis masa lalu, mereka ngotot menyelenggarakan rakernasnya secara offline karena bahkan setelah 2 tahun terdampak pandemi dan kebiasaan kita berubah mereka masih enggak merasa nyaman menggunakan zoom, dan anda tahun ? topik diskusi yang paling futuristik dalam pertemuan itu adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk kita :) lucu bukan ???? 



Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post