-->

APA ARTI PENGAKUAN LOKAL DAN INTERNASIONAL SERTIFIKAT AMERICAN ACADEMY (AAPM-AAFM-GAFM) ?

Oleh: Dr. Fauzi Hasan, CWM-President American Academy Asia Pacific

Mengapa sertifikasi kompetensi kerja diperlukan? Sertifikasi kompetensi kerja adalah merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan, dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang setifikat) tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Sertifikat kompetensi merupakan produk hukum yang menjadi legitimasi (pengakuan) terhadap capaian kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang, berbasis pada standar kompetensi yang telah disepakati dan ditetapkan. 

mau ikut pelatihan professional project manager ? klik disini

Apa keuntungan sertifikasi kompetensi ? Sertifikasi Kompetensi jelas akan mempengaruhi dan memberikan jaminan baik terhadap pemegangnya ataupun pihak lain. Bagi pencari kerja yang mempunyai sertifikat kompetensi akan memberikan manfaat seperti: kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat, mempunyai bukti bahwa komptensi yang dimiliki telah diakui, bertambahnya nilai jual dalam rekrutmen tenaga kerja, kesempatan berkarir yang lebih besar, dan mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki.

Bagi karyawan di tempat kerja yang telah bersertifikat, manfaat dimilikinya sertifikat akan mendukung jenjang karir dan promosi yang lebih baik,  serta meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya serta pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki. Sementara bagi perusahaan tempat kerja karyawan, perusahaan akan mendapatkan manfaat  seperti: mengurangi kesalahan kerja, produktivitas meningkat, komitmen terhadap kualitas memudahkan dalam penerimaan karyawan, serta mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil dan termotivasi.

mau ikut pelatihan professional project manager ? klik disini

Kompetensi sumbar daya manusia menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia. Dengan demikian, tenaga kerja Indonesia dapat meningkatkan daya saing di tingkat nasional dan internasional.

Untuk itu, perlu ada sebuah mekanisme akreditasi sehingga tercapai kesamaan atau kesetaraan serta pengakuan perbedaan antarnegara dalam hal pendidikan dan pelatihan, pengalaman serta persyaratan lisensi.

Di dunia Internaional  ada lembaga CHEA (Council of Higher Education and Accreditation) yang merupakan lembaga non struktural dengan tugas dan tanggung jawab di bidang akreditasi penilaian kesesuaian secara Internasional.

CHEA memberikan akreditasi untuk untuk lembaga sertifikasi  guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan kompetensi tertentu. American Academy  adalah Charter Member dari CHEA-International Quality Group (CHEA/CIQG), afiliasi dengan lembaga ini dirancang untuk melibatkan organisasi penjaminan mutu dan akreditasi dalam upaya bersama untuk menegaskan dan mempromosikan prinsip-prinsip dasar untuk kualitas pendidikan tinggi dan kompetensi Internasional.

International Standard Organization (ISO) telah meluncurkan ISO 21001 dan ISO 29990 yang memuat persyaratan umum untuk lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang juga melaksanakan sertifikasi dan penyelenggarakan audit dan sertifikasi di berbagai bidang sistem manajemen. Standar ini berperan sebagai dasar untuk menfasilitasi pengakuan sertifikasi kompetensi dalam rangka kepentingan standarisasi dan pengakuan  internasional.

ISO 21001 adalah standar yang dibuat untuk menilai lembaga sertifikasi untuk memastikan bahwa mereka kompeten dan sesuai dengan semua jenis sistem manajemen penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan. ISO 21001 ini membantu agar lembaga sertifikasi konsisten dalam pelaksanaan program-program secara konsisten dan adekwat. 

mau ikut pelatihan professional project manager ? klik disini

Penilaian kesesuaian atau kesetaraan kompetensi yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi Internasional seperti GAFM (AAPM & AAFM) yang bertaat azas (comply) dengan ISO 21001 memberikan nilai tambah bagi organisasi atau perusahaan, bagi pelanggannya, dan bagi pihak berkepentingan lainnya dengan meyakinkan bahwa nilai sertifikat yang dikeluarkan akan diakui oleh semua pihak. Sebenarnya, tidak wajib bagi lembaga lertifikasi  untuk mematuhi dalam melakukan penilaian kesesuaian dan mengeluarkan sertifikat yang diberikan namun, nilai sertifikat yang dikeluarkan besar kemungkinannya tidak akan diakui oleh semua pemangku kepentingan (stake holders).

ISO 21001 berisi prinsip dan persyaratan untuk kompetensi, konsistensi, dan ketidakberpihakan audit dan sertifikasi sistem manajemen dari semua jenis sistem manajemen dan badan-badan lain yang menyediakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi.

Pada dasarnya, tujuan dari standar ini adalah agar lembaga sertifikasi memiliki tanggungjawab kepada pihak yang berkepentingan, termasuk kepada klien mereka dan pelanggan organisasi yang memiliki sistem manajemen bersertifikat untuk memastikan bahwa hanya auditor berkompetensi relevan yang diizinkan untuk melakukan audit. Maksudnya adalah semua auditor dan personil lain yang terlibat dalam fungsi sertifikasi memiliki kompetensi sama seperti yang diisyaratkan dalam ISO 21001.

American Academy melalui GAFM-IBS telah diakreditasi oleh HAccTÜV (Technischer Überwachungs-Verein Österreich, yang sudah berusia 140 tahun:EU/Austrian Technical Inspection Association) merupakan organisasi dari Jerman yang fokus pada kualitas produk dan jasa (ISO 29990) guna melindungi kepentingan publik. American Academy membuat sejarah sebagai badan sertifikasi berbasis UE-AS pertama yang mencapai akreditasi pelatihan sertifikasi ISO 29990 untuk Pelatihan Non Formal dari Dewan Standard Eropa ( EU). 

Proses untuk mendapatkan sertifikat yang standard yang diterapkan oleh GAFM IBS telah memastikan dicapainya standard kualitas yang memenuhi ISO 9001, suatu standard yang memastikan pula proses pelatihan dan sertifikasi sesuai yang disyaratkan oleh lembaga-lembaga yang diakui di negara-negara maju dan global seperti: ANSI, NOCA, ICE, dan NSBA. Lingkup proses sertifikasi sangat didasarkan pada ukuran-ukuran  IOQM International Organization for Quality Management yang disesuaikan(comply).

mau ikut pelatihan professional project manager ? klik disini

Pengakuan dari perspektif pelaksanaan pelatihan persiapan dalam mengikuti uji kompetensi yang banyak diberikan oleh pemerintah di negara-negara maju maupun berkembang (developing countries) seperti: UAE, Africa dan Asia. Di Eropa khususnya di negara Perancis, pemegang sertifikat AAPM bidang kompetensi Project Management (MPM/CIPM) dengan serta merta (instant) akan dimasukkan sebagai anggota Persatuan Insinyur (Engineer) Perancis  (SNIFF- Les Ingénieurs Professionnels de France) dan diakreditasi setara dengan standard profesi Engineer di Perancis, yang lebih menguntungkan untuk pemilik sertifikat (certificate holders)  American Academy adalah mereka akan mendapatkan kesempatan atau peluang kerja yang sama seperti rekan-rekan mereka dari Perancis; ini jelas-jelas membuktikan bahwa sertifikat AAPM  adalah suatu Passport International yang sangat menjanjikan bagi pemiliknya. Demikian pula pengakuan yang sama diberikan oleh negara tetangga kita Singapura melalui SIET Singapore Institute of Engineering Technologist, suatu lembaga engineering bergengsi di negara ini.

Pengakuan secara global tidak hanya diberikan di Eropa dan bagian dunia lainnya, namun juga diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) melalui United Nations Civil Society, dan lembaga ini menetapkan standard kulifikasi project manager (PM) dengan kualifikasi sertifikasi Master Project Manager (MPM) untuk pelaksanaan proyek-proyek mereka di seantero dunia; dan hal ini secara eksplisit dituangkan di dalam Request For Proposal (RFP/KAK) yang mereka terbitkan.

Kawasan Timur Tengah sebelum era pandemik saat ini, adalah kawasan pilihan utama yang dituju oleh para profesional global guna mendapatkan renumerasi maksimal, dikawasan ini regulator Perbankan dan Keuangan AABFS (Arab Academy of Banking and FinancAABFS) memberikan prioritas bagi pemegang sertifikat AAFM GAFM, ini  adalah bentuk added value yang secara inherent melekat pada sertifikat yang diterbitkan oleh American Academy of Financial Management.

mau ikut pelatihan professional project manager ? klik disini

India adalah negara yang banyak mensuplai ahli-ahli Keuangan dan Akunting di seluruh dunia, khususnya di Asia Barat, sebahagian besar professional Keuangan mereka bersertifikasi GAFM, dan Chapter India adalah Chapter yang termasuk besar di region Asia selain Indonesia. Profesional bidang sekuritas dari sejumlah negara berkembang di Asia maupun Africa banyak yang bekerja sebagai pialang atau Wealth Management Consultant  di pasar bursa di New York (NASDAQ) setelah memiliki sertfikat Chartered Wealth Manager (CWM) dan berkiprah di pasar bursa dan Wall Street dengan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari para investor di bursa saham yang menentukan dinamika keuangan dunia. Hal ini  disebabkan karena para profesional sekuritas yang bekerja di pasar bursa global itu menyandang peridikat CWM yang diakui oleh ACBSP (Accreditation Council for Business Schools and Programs).

Perkembangan profesi yang pesat di bidang Wealth Management khususnya yang terkait dengan Corporate Finance dan Business Valuation yang terjadi di Asia dan Africa menuntut tersedianya tenaga ahli dan professional yang kompeten. Dan saat ini AAFM menyediakan pelatihan dan sertifikasi global CWM, AFA, dan DFA, dan di Asia Timur diprakarsai oleh CWM Inistitute Hong Kong, sementara di Kawasan Africa program-program kompetensi bidang Keuangan secara intensif dan terpadu diselenggarakan untuk kawasan setempat dan diselenggarakan di Kenya, Ghana, dan Rwanda

Kerjasama dengan regulator lokal di Indonesia terkait (MRA) Mutual Recognition Agreement seperti Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dibawah koordinasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) telah memberikan efek pengakuan lokal untuk sertifikat AAPM dan AAFM dan berdampak pula pada competitive value pada diri seorang certificate holder dari American Academy khususnya pada saat mengikuti evaluasi untuk jabatan profesional di proyek-proyek nasional dan pemerintah. Demikian pula Kerjasama dengan lembaga Pendidikan Tinggi terkait pengakuan imbal balik seperti dengan LSP P3I di bawah koordinasi APTSI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia). 

mau ikut pelatihan professional project manager ? klik disini

Kiprah GAFM (AAPM-AAFM) di seluruh dunia yang disertai dengn pengakuan baik lokal maupun internasional serta professional effects yang diberikan kepada certificate holders, telah membuktikan secara ekspilisit atas manfaat dari suatu sertifikasi internasional bagi individu profesional yang membutuhkan kepastian profesi dan masa depan, serta industri yang membutuhkan kepastian (assurance) kompetensi profesi dari sumber daya manusia yang (SDM) akan berperan di dalam kegiatan industri. American Academy dengan program-program pelatihan dan sertifikasi internasional yang dirancang untuk memberikan maximum value kepada para professional diseluruh kawasan di dunia, akan memastikan tercapainya qualification and competence assurance bagi industri dalam usaha melaksanakan visi dan misi industri serta diraihnya keberhasilan maksimum.

Terimakasih-FH0621

mau ikut pelatihan professional project manager ? klik disini

ViewCloseComments