24. PR-ING - 73 Jurus UKM Jawara

Strategi Public Relations (PR) berhubungan erat dengan dunia marketing. Tidak melulu bicara anggaran yang besar lantaran harus mengangkat agensi PR, PR-ing bisa dilakukan dengan cara yang murah. Misalnya saja, Anda hadir sebagai pembicara di sebuah forum diskusi atau seminar. Atau, Anda tampil di berbagai acara yang relevan dengan bisnis yang Anda geluti. 
Di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri dan bisnis Anda. Beberapa pegiat UKM sudah mulai dan lihai melakukan hal ini. Seperti yang sering dilakukan oleh Owner Radja Cendol Danu Sofwan dengan menjadi pembicara di mana-mana. Tidak ragu, Danu pun banyak berbagi inspirasi kisah pilu hingga sukses ketika mengembangkan bisnis cendolnya. 
Dari langkah ini, Danu banyak menghasilkan publikasi media secara cuma-cuma. Termasuk menjadi bagian dari para pemberi inspirasi di Majalah Marketeers. Dalam melakukan PR-ing, Anda bisa masuk ke ranah yang benar-benar Anda kuasai. Anda bisa memulainya dengan membuat blog atau cuap-cuap di media sosial, menghadiri berbagai acara seminar, termasuk ambil kesempatan berbicara di sana –sebagai penanya misalnya-. #73JurusUKMJawara

0 komentar