2. BUSINESS ROAD MAP - 73 JURUS UKM JAWARA


Membuat peta jalan bisnis menjadi hal yang jarang dilakukan oleh UKM di awal memulai usaha. Jamak terjadi, menjadi pelaku bisnis UKM lantaran desakan kondisi perekonomian. Jadi, yang penting jalan dulu dan ada pemasukan.

Bagaimana memulainya? Mulailah dengan menerapkan analisis 4C Diamond, yakni Change, Customer, Competitor, dan Company.  Setelah ini, Anda bisa melangkah ke langkah yang lebih mendetail.  Mulai dengan memperkuat organisasi bisnis Anda. Meskipun tim Anda hanya terdiri dari anggota keluarga, penguatan organisasi bisnis tetap perlu dilakukan. Minimal ada kejelasan tugas dan kewajiban.

Kemudian, tetapkan target-target jangka pendek, menengah, dan panjang. Untuk jangka pendek, misalnya, membangun kualitas produk. Pada tahap ini, trial and error biasa terjadi yang penting selalu ada perbaikan hingga mencapai kualitas dan sesuai harapan konsumen.
Selanjutnya, mulai memikirkan pengembangan bisnis untuk jangka menengah. Sebagai contoh, merambah ke pasar atau kanal distribusi baru. Bila sudah merasa siap, bisa masuk ke e-commerce sembari terus melakukan promosi dengan beragam cara.

Berikutnya, mencari pendanaan baru untuk ekspansi bisnis yang lebih besar, misalnya buka outlet secara masif,  meningkatkan kapasitas produksi dengan menambah alat atau bikin lokasi produksi baru, hingga melakukan ekspor. Dalam tahap ini, Anda bisa menggandeng mitra untuk memperkuat modal. Tapi, bisa juga mencari pinjaman dari lembaga keuangan bila Anda tetap ingin menjalankan bisnis ini sendiri.

#73JurusUKMJawara
sumber : @marketeers

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post