MEMBANGUN KEWIRAUSAHAAN DENGAN METODE 7PAS


Menjadi pengusaha mungkin merupakan mimpi hampir semua orang, sukses dan bisa membantu orang lain. Merintis usaha dengan jerih payah sendiri.
seperti terlansir dilaman wikipedia : H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. adalah pengusaha dan politikus Indonesia. Ia memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017 bersama dengan Anies Baswedan. Kemudian Sandi Uno harus melepaskan jabatannya sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta Pada tahun 2018 karena dirinya mencalonkan diri menjadi wakil presiden RI bersama-sama dengan Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI.

Sosok Pengusaha Muda Sandiaga Uno tentu saja menjadi figur yang dianggap sukses sebagai pengusaha muda, dengan jumlah karyawan kurang lebih 30.000 orang. Tentu saja ini menjadi kekuatan Sandiaga Uno menjadi bakal calon Wakil Presiden.

Tidak heran dikalangan anak-anak muda banyak sekali tertarik untuk sekedar kepoin atau benar-benar ingin mempelajari kesuksesan Sandi Uno. Kalangan Milenial menanggap bahwa sosok Sandi adalah sebagai pelaku sehingga dirinya sangat pantas menjadi contoh dan teladan bagi sebagian anak-anak muda yang memimpikan dirinya sukses.

Yang menarik dari cara Sandiaga Uno mengkampanyekan dirinya adalah melalui program wirausaha, ini merupakan cara baru di dunia politik, dalam kesempatan saat menjadi Pembicara di Cirebon tepatnya di Andalus beliau mengatakan bahwa dirinya ingin mensosialisasikan program dengan cara lain, cara yang mengedukasi, membina dan mendorong masyarakat agar bisa menjadi pengusaha, dirinya memang memiliki fokus yang sangat tinggi terhadap kondisi ekonomi. Karena melalui langkah-langkah ekonomi kreatif inilah Indonesia akan bisa bangkit dan lebih baik.


7PAS MEMBANGUN WIRAUSAHA
Dalam sosialisasi kali ini Sandi Uno memberikan tips bagaimana membangun wirausaha, agar masyarakat Indonesia lebih mandiri bahkan bisa membantu yang lainnya untuk hidup lebih baik.

Sandi Uno mengatakan bahwa ada 7PAS agar bisa menjadi wirausaha berikut penjelasannya ;
  1. PENDAFTARAN, daftarkan diri anda untuk mengikuti program OK OCE yang di gagas Sandiaga Salahudin Uno, tentunya dengan data yang lengkap dan benar serta gambaran atau profile usaha yang anda inginkan. 
  2. PELATIHAN, setelah mendaftarkan diri maka selanjutnya adalah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh TIM OK OCE, karena dalam membangun usaha harus ada aturan dan tahapan yang sistematis sehingga proses usaha nantinya bisa berjalan dengan baik. 
  3. PENDAMPINGAN, agar rencana usaha anda bisa berjalan dengan baik maka setelah melakukan pelatihan diperlukan pendampingan, sehingga kesalahan dan risiko bisa diminimalisir. 
  4. PEMASARAN, membuat usaha saja tidak cukup, setelah kita membangun usaha baru, maka hal yang juga penting adanya pemasaran. Pemasaran produk sangat penting untuk memastikan usaha anda terus tumbuh dan berkembang. Jaringan OK OCE memiliki jangkauan yang luas sehingga ini bisa dimanfaatkan. Baik dalam maupun luar negeri, kedepan ini akan dibuat secara nasional sehingga antara suplay and demand selaras. dengan memiliki fokus per ekonomian rakyat ini tentu saja sangat optimis bisa dijalankan. 
  5. PELAPORAN KEUANGAN, banyak diantara para pengusaha pemula yang gagal itu akibat dari kurangnya pengetahuan pengelolaan keuangan bisnis dengan baik. mereka sering menganggap itu adalah hal yang sulit, belum lagi ketidakdisiplinan mengelola keuangan. dalam skema OK OCE masyarakat akan dilatih, didampingi dan dipastikan memahami, mampu dan melaksanakan sistem pengelolaan keuangan dan laporan keuangan. ini sangat penting untuk menilai apakah usaha yang dijalankan dalan kondisi paripurna atau masih perlu perbaikan. 
  6. PEMBERIAN HAK AKSES PERMODALAN, kemauan, kemampuan, pengetahuan dan keahlian yang dimiliki tidak cukup untuk memulai membuat sebuah usaha perlu adanya permodalan minimal dikeluarkan diawal, tentu saja ini diperlukan. OK OCE membantu para usahawan untuk memberikan akses permodalan, shingga memiliki usaha bisa direalisasikan, tentu saja dengan kajian-kajian yang telah dilakukan sebelumnya. 
itulah penjelasan singkat tentang tips membangun usaha dengan 7PAS sesuai dengan kerangka pemikiran penulis yang disimpulkan dari hasil sosialisasi Sandiaga Uno di Kota Cirebon tepatnya pada tanggal 11 oktober 2018 di Andalus City.


0 komentar