3 Kunci Membangun Produktifitas Sumber Daya Manusia

sebuah organisasi, baik itu level perusahaan, maupun pemerintahan faktor yang paling fundamental adalah sumber daya manusia. Jika organisasi tersebut memiliki sumber daya manusia yang unggul maka dipastikan organisasi tersebut akan tumbuh dengan baik.

Ukuran keberhasilan dari sebuah perusahaan tentunya salah satunya dari produktifitas, membangun produktifitas sumber daya manusia menurut Presiden BJ, Habibie dalam pidatonya bersumber dari Youtube Chanel pada kampanye patungan pesawat R80 beliau menyampaikan paling tidak ada 3 kunci.

  1. Budaya, budaya adalah bagaimana membangun perilaku setiap pribadi, menghormati yang lebih tua, menghormati budaya, bagaimana bersikap dalam lingkungan masyarakat selalu membawa kedamaian dan menjadi pelopor perdamaian, selalu mengajak kebaikan kepada sessama.
  2. Iman dan Taqwa, Agama menjadi hal penting, dengan adanya agama diharapkan bisa membangun pribadi yang beriman dan bertaqwa, seseorang yang memiliki ketaqwaan yang benar maka dia akan selalu mengajak, mengajarkan dan menyebarkan kebaikan. 
  3. ITE, informasi, teknologi dan elektronik, adalah kemampuan teknis yang harus di kuasai saat ini, nyaris semua proses dibantu dengan teknologi. apabila seseorang mampu memberikan pengertian tentang mekanisme teknologi informasi yang benar, maka salah satu syarat membangun produktifitas SDM sudah mulai dimiliki. 
membangun produktifitas bukan hanya sekedar keahlian, bukan hanya sekedar kecerdasan melainkan sinergi dan kolaborasi 3 hal diatas, antara budaya, agama dan teknologi harus berjalan bersamaan sehingga terciptalah sumber daya manusia yang diharapkan dan mampu bersaing serta memilki produktifitas yang tinggi. 

0 komentar